Bendungan Desa Sukaraya Baru Diresmikan Bupati Musi Rawas, Petani Bersyukur

MUSI RAWAS | Koranrakyat.co.id — Impian masyarakat  Desa Suka Raya Baru Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, dapat mengolah sawah dengan sumber air irigasi yang teratur, akhirnya menjadi kenyataan.  Hal itu terbukti dengan diresmikannya  Bendungan di Suka Raya oleh Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan Jum’at (31/01/2020) siang.

Bupati Hendra Gunawan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Sirin (70 Tahun) beserta masyarakat setempat yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan bendungan tersebut. Karena menurutnya pembangunan tidak mungkin terlaksana tanpa dukungan dari masyarakat

Bupati juga mengatakan, dengan diresmikan bendungan ini menjadi bukti perhatian serius Pemerintah Kabupaten Musi Rawas kepada masyarakat.

”Perlu diketahui keberadaan bendungan ini sudah sejak tahun 1995, Tapi belum penah dilakukan perehapan. Tapi hari ini berkat dari kesabaran masyarkat desa Suka Raya selama ini, Bendungan dan jaringan irigasi ini telah dibangun dan akan saya resmikan, Ungkap Bupati.

Seraya menambahkan, Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada bapak Sirin beserta masyarakat yang telah sukarela menghibahkan tanahnya untuk pembangunan bendungan ini,” ucap Bupati.

Ditempat yang sama, Camat STL Ulu Terawas Safarudin Husein dalam sambutannya mengatakan, Bendungan ini sejak tahun 1995 sdh ada, Tapi terus mengalami kerusakan dan jebol terus, tapi alhamdulillah berkat kepemimpinan bapak bupati H Hendra Gunawan, Bendungan ini telah di bangun kembali,” papar Saparudin singkat.

Sementara itu Kadis PU CKTR-P kabupaten Musi Rawas H Ristanto Wahyudi ST, MT didampingi Sekretaris PU CKTR-P Ardi Irawan, ST saat di mintai komentarnya mengatakan, Proyek pembangunan bendungan ini mulai di kerjakan pada bulan Mei 2019, dan selesai di kerjakan bulan Desember 2019 dengan anggaran dana sebesar Rp. 4,3 Milyar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pembangunan bendungan ini mempunyai potensi bisa mengaliri persawahan petani sampai 250 Hektar, yang membangkitkan kembali rasa semangat masyarakat Sukaraya baru untuk menggarap sawahnya. Selama ini bendungan yang adai tiap tahunnya pasti rusak, Sampai masyarakat disini sempat putus asa dan ingini menjual lahannya.

“Tapi setelah bendungan ini berhasil kita bangun, Mereka kembali punya keinginan untuk menggarap kembali sawahnya.” ujar Ristanto.

Lanjut Ristanto menambahkan, Rencananya tahun 2021 nanti pemerintah kabupaten Musi Rawas melalui dinas PU CKTR-P akan membangun kincir air,” ungkap Ristanto.

Hadir dalam acara tersebut yakni, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Asisten II Ir H Aidil Rusman, MM, Kadis PU CKTR-P H Ristanto Wahyudi, ST, MT, Kadis Perkim Nito Maphilindo, Kadis Kominfo M Rozak, Dandim 0406, Kapolres Musi Rawas, Kepala Pol PP, Camat STL Ulu Terawas Safaruddin Husein, Kabag Prokopim, Kades, serta Pemuka masyarakat. (Adv – Aldi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *