Press "Enter" to skip to content

Pemkab Natuna Berkolaborasi dengan SKK Migas Latih Wartawan Natuna

Koran Rakyat, Natuna –  Pemkab Natuna berkerjasama dengan  KKKS migas yang beroperasi di wilayah Kab. Natuna  yakni Medco EP Natuna , Premier Oil dan Star Energy  melalui dana CSR melaksanakan pelatihan Jurnalistik dan media gatering, di Hotel Natua, Selasa (22/10).

Pelatihan  yang dihadiri tak kurang dari 58 jurnalis dibimbing oleh Ketua Kompetensi  PWI Pusat, Kamsul Hasan . Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti .

Ngesti Yuni Suprapti berharap kegiatan pelatihan jurnalis berjalan lancar, sehingga tercipta hubungan silaturahmi yang baik dan bermanfaat bagi semua pihak.

“ Saya berharap dengan pelatihan jurnalistik ini dapat meningkatkan kemampuan para pewarta yang bertugas di Natuna dalam menulis dan membuat berita yang sesuai rambu-rambu jurnalistik. Kelancaran akses informasi di Natuna sudah bagus, dari 15 kecamatan semua sudah 4G, listrk sudah 24 jam, jadi informasi apapun sudah bisa diakses oleh masyarakat disetiap kecamatan di Natuna dengan cepat, untuk itu  peran dan fungsi jurnalis yang dipercaya oleh masyarakat harus lebih ditingkatkan, Peran media sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah, dalam rangka meyebarluaskan informasi seputar pembangunan kepada masyarakat,”tutur Ngesti.

Ngesti juga berpesan agar media menghadirkan, hal-hal positif dan jauh dari ujaran kebencian.

“Junjunglah kode etik jurnalis, hadirkan berita berimbang dan bijak, sehingga bisa mencerdaskan masyarakat, bukan sebaliknya,” pesan Ngesti.

Selain itu, Ngesti juga berharap kehadiran media, dapat menjadi kontrol sosial bagi pemerintah dan mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Ini merupakan dukungan sangat luar biasa dari SKK Migas terhadap wartawan Natuna, terimakasih atas suportnya semoga kegiatan pelatihan jurnalis dan media gathering kali ini bermanfaat bagi kita semua,”  Terang Ngesti seraya membuka secara resmi acara ini.

Dalam sambutanya Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Avicenia Darwis  mengatakan

“Pelatihan jurnalistik dan media gathering kabupaten Natuna yang diadakan pada hari ini, terselenggara atas kerjasama SKK Migas dan K3S Natuna, dalam program CSR tahun 2019, Mudah-mudahan ini menjadi suatu proses baik dan bersinergi secara berkesinambungan bagi pihak terkait dalam industri migas di Natuna,” Ungkap Avicenia Darwis.

Star Energy, Premier Oil dan Medco EP Natuna adalah pemberi dana CSR diwilayah Natuna untuk kegiatan sosial bagi masyarakat, termasuk pelatihan jurnalis dan pengembangan ekonomi masyarakat. Ini merupakan bentuk multi player effek dari perusahan migas yang beroperasi di Natuna.

“Kita berharap kehadiran perusahaan migas di Natuna mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat”,sambung Avicenia Darwis.

Sejak 2009 perusahaan merancang ulang pemberdayaan  masyarakat dengan berbasis  pada investasi sosial untuk menerapkan pembangunan berkelanjutan.  Hal ini dilaksanajan dengan membangun pola pikir masyakarat  dalam mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas serta memiliki kemandirian dalam pengelolaan sumberdaya yang dimiliki secara berkelanjutan

Perusahaan mengimplementasikan program pemberdayaan masyarakat pada kegiatan

  1. Pengembangan ekonomi lokal

2. Pendidikan

  1. Kesehatan
  2. Infrastruktur
  3. Lingkungan

Kegiatan hari ini merupakan implemantasi dari program pemberdayaan masyarakat.

(Arifin Mawi  : wartawan Koranrakyat.co.id )

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *