Press "Enter" to skip to content

Ratusan Santri Se-Kabupaten Lahat Gelar Pawai Sarungan

LAHAT | Koranrakyat.co.id — Sejumlah Santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Lahat, Senin (22/10), menggelar Pawai Sarungan dan Unjuk Bakat Santri. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Santri Indonesia 2019.

Pawai sarungan dilepas Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, SE, MM dari halaman Pemda dan finish di halaman parkir Citimall Lahat. Sedangkan unjuk bakat digelar di atrium Citimall Lahat. Agenda ini mengusung “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia.”

Dalam acara pelapasan Wabup menyampaikan meminta para santri tetap menjaga kerukunan antar umat bergama. Disamping itu santri juga adalah calon – calon pemimpin di Kabupaten Lahat kelak. Untuk itu Wabup berpesan agar semua santri lebih meningkatkan lagi belajarnya agar tercapai cita-citanya.

“Berikan tauladan dan contoh yang baik untuk para anak-anak santri sebagai generasi peberus bangsa dan tercipta perdamaian dan kemajuan di Kabupaten Lahat,” tuturnya.

Pada acara unjuk bakat santri yang digelar di Atrium Citimall Lahat, hadir Bupati Lahat Cik Ujang, SH yang diwakili staf ahli bagian pemerintahan Kabupaten Lahat, Kabag kesra, Ketua PC NU Kabupaten Lahat, para pemimpin dan pengurus pondok pesantren di Kabupaten Lahat, para santri serta undangan yang sempat hadir.

H.Husnudin Karim, yang mewakili Ketua Pelaksana/Penasehat DPD Forum Pondok Pesantren Kabupaten Lahat meminta para santri gigih menuntut ilmu untuk mengisi dan meneruskan perjuangan para kyai.

Dalam kesempatan ini, Husnudin yang juga mewakili santri Kabupaten Lahat mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yanh membantu sehingga terselenggaranya acara ini.

“Untuk pemerintah Kabupaten Lahat kami ucapkan tetima kadih atas semua dukungan yang di berikan,” ujarnya.

Menurutnya peringatan hari santri tahun 2019 ini sengaja di laksanakan di Mall berbeda di tahun sebelumnya. Untuk para santri harus menyadari peran santri dalam mengisi kemerdekaan, setelah sekian lama berjalan santri harus berani tampil untuk menunjukkan prestasinya. Oleh karena itu pada peringatan hari santri ini supaya menyiapkan para santri untuk lebih berkomitmen dalam mengisi kemerdekaan ini.

“Mudah-mudahan dengan peringatan hari santri kita meneguhkan NKRI agar lebih kokoh lagi dan para santrinya tetap istighomah,” harapnya

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat yang di wakili Drs.H.Suhardin dalam sambutanya menyampaikan rasa terima kasihnya pada hari santri Nasional ini para pengurus pondok pesantren beserta santri yang datang dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lahat.

Di tahun 2019 ini oleh Kementerian Agama mengambil tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia.”.Tema tersebut mempunyai arti yang namanya santri harus tetap bersatu untuk memelihara kerukunan dan para kyai yang mengharapkan ridho dan selalu menebarkan kebaikan. — Lili | Wandra

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *