Press "Enter" to skip to content

Tol Kapalbetung Persingkat Jarak Lampung-Palembang hingga 50 persen

OKI | Koranrakyat.co.id – Kalangan pengguna jalan khususnya pemudik dipastikan sudah dapat menggunakan ruas jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung). Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan di sela-sela meninjau ruas tol Kapalbetung, Selasa (28/5).

Didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, Gubernur dan rombongan menyusuri ruas jalan utama yang dimungkinkan akan dilewati pemudik menjelang dan pasca Idul Fitri 1440 Hijriah mendatang.

Dimulai dari kawasan Jakabaring, dilanjutkan dengan meninjau exit tol Kapalbetung Km 0 di Desa Celikah Kecamatan Kota Kayu Agung Kabupaten OKI. Ruas ini diprediksi akan ramai digunakan pemudik yang hendak lebaran di kampung halaman.

“Kita sengaja meninjau ruas tol Kapalbetung ini. Ternyata saat ini sudah dapat dilintasi oleh pemudik. Meskipun masih dalam tahap fungsional karena belum selesai 100 persen,” tegas Herman Deru.

Dalam tinjauannya ke ruas tol Kapalbetung tersebut Gubernur juga mengecek sejumlah fasilitas pendukung yang ada di kawasan rest area seperti toilet dan mushola dan fasilitas pendukung lainnya.

“Kenyamanan pemudik akan diberikan maksimal seperti rest area, toilet, tempat ibadah dan SPBU portable diharapkan juga disediakan,” harap Gubernur.

Dari hasil pantauannya Gubenur yakin ruas tol Kapalbetung siap dilewati pemudik. Bahkan sebagai tanda sudah siap dilintasi akan digelar soft launching pada Rabu (29/5).

“Besok tanggal 29 Mei 2019 akan diadakan soft launching sebagai tanda tol ini resmi digunakan arus mudik dan arus balik lebaran nanti,” terangnya.

Menurut Gubernur, ada sejumlah alasan mengapa jalan tol dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pemudik. Beberapa alasan diantaranya dapat mempersingkat jarak tempuh.

Seperti Palembang – Kayu Agung sekitar waktu tempuh 50 persen waktu tempuhnya dapat dipangkas jika dibanding melewati jalan non tol. Atau dengan kata lain Palembang-Lampung bisa tembus lima jam perjalanan darat

“Jika lewat tol, etimasi jarak tempuh Palembang – Desa Celikah Kecamatan Pematang Panggang Kabupaten OKI memakan waktu kurang lebih 30 menit. Sedangkan sebelumnya lebih dua jam setengah apalagi kalau lagi macet. Saat ini kitaberada di kilomter nol ruas tol Kapalbetung. Secara umum fungsionalnya sudah saya tinjau hanya ada beberapa titik perlu pengerasan lagi. Mudah-mudahan besok ketika di launching sudah rampung 100 persen,” tandasnya. (hms)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *