Press "Enter" to skip to content

PT.HK Paparkan Program Tol Sumsel – Bengkulu Ruas Kabupaten Lahat

LAHAT | Koranrakyat.co.id — Terkait dengan proyek pembangunan ruas jalan tol  Sumatera Selatan -Bengkulu yang akan melewati ruas jalan  di Kabupaten Lahat, Selasa(14/5/2019), dilaksanakan paparan oleh PT. Hutama Karya (PT.HK) tentang rencana pembangunan jalan tol ruas Muaraenim – Lahat – Lubuklinggau bersama dengan pemerintah Kabupaten Lahat.

Kepala pimpinan pengelola proyek jalan tol PT. Hutama Karya Hasan Turcahyo yang di temui awak media seusai acara paparan ini mengemukakan bahwa rangkaian kegiatan srbelum di laksanakanya pembangunan fisik diantaranya studi kelayakan mengenai penuyusunan amdal,perencanaan awal,perencanaan penyusunan dokumen pembebasan tanah.Dan hal ini merupakan kegitan wajib yang harus dilaksanakan sebelum pembangunan fisik.

Setelah kegiatan ini selesai maka akan terbit ijin lingkungan Gubernur yang selanjutnya ada penentuan lokasi yang akan di teruskan ke Bupati sehingga terlaksana pembebasan lahan.Sedangkan di Kabupaten Lahat ruas jalan yang di lewati meliputi 5 Kecamatan di antaranya Kecamatan Merapi Timur,Merapi Barat,Kikim Timur,Kikim Tengah dan Kikim Barat.

Jadwal pembangunan ruas jalan tol trans Sumatera harus selesai tahun 2024.Adapun jadwal pembangunan jalan tol itu sendiri untuk Palembang-Indralaya selesai tahun 2018,Indralaya-Muaraenim tahun 2019-2021,Muaraenim-Lahat-Lubuklinggau tahun 2020-2022 sesuai dengan target.Dari pembangunan ruas jalan tol Sumatera Selatan-Bengkulu ada ruas jalan tol yang istimewa yaitu di daerah Kepayang yang akan di bangun semacam terowongan.

“Akhir dari kegiatan ini akan menghasilkan daftar perencanaan pembebasan tanah yang akan dikirimkan ke kementerian yang selanjutnya akan dikirimkan surat kepada Gubernur untuk di terbitkan penentuan lokasi dan sejak saat itu tidak di perbolehkan  jual beli tanah dalam koridor tersebut sehingga pada saatnya ada  koordinasi bersama masyarakat memang tidak bermasalah.”ujarnya

Sedangkan Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Lahat Ahmad Hartawan,ST.MT dalam hal ini mengutarakan,bahwa dengan adanya proyek nasional pembangunan ruas jalan tol yang akan di buat ruas  jalan tol sepanjang 320 km yang dimulai dari Indralaya-Prabumulih-Muaraenim-Lahat-Lubuklinggau-Bengkulu.

Untuk di Kabupaten Lahat sendiri jalan yang akan di lewati sepanjang 60 km yang akan melewati 5 kecamatan dan beberapa desa.Kabupaten Lahat sendiri pada nantinya apabila sudah dapat peta pembangunan akan dilaksanakan koordinasi antara dinas terkait bersama dengan kecamatan-kecamatan dan desa-desa dengan pihak PT.Hutama Karya.

Beliau berharap dengan adanya pembangunan ruas jalan tol ini maka waktu dan jarak tempuh yang akan dilalui semakin berkurang sehingga  akan mempercepat peningkatan perekonomian dan masyarakat Kabupaten Lahat. — Lili/Wandra

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *