Press "Enter" to skip to content

Angka Kemiskinan di Lahat Turun Berkat Program Berobat Gratis

LAHAT | Koranrakyat.co.id –Program berobat gratis yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Lahat dibawah kepemimpinan Bupati Cik Ujang SH dan Wakil Bupati H. Haryanto, ternyata memberikan effect domino yakni menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Lahat.

Meski baru diluncurkan sejak dua bulan,  angka kemiskinan Kabupaten Lahat sudah berada di posisi ketiga daerah termiskin di Sumsel yang tadinya hampir satu dekade, Kabupaten Lahat yang dikenal sebagai lumbung energi Sumsel, berada diposisi kedua termiskin di Sumatera Selatan dari 17 kabupaten/kota yang ada.

“Berobat gratis sudah berjalan 100 persen,” kata Cik Ujang didampingi H Haryanto, ketika memberikan sambutan pada puncak peringatan HUT Kabupaten Lahat, di DPRD Lahat, Senin (20/5/2019).

Cik Ujang yang merupakan pengusaha sukses dan politikus kawakan, dan Haryanto seorang birokrat ulung, terus meluncurkan program pro rakyat. Cik Ujang-Haryanto juga meluncurkan asuransi kematian bagi masyarakat Kabupaten Lahat.

“Bagi warga, yang meninggal dunia, ahli waris menerima asuransi Rp 2 juta. Namun, bagi warga yang meninggal dunia lantaran kecelakaan, ahli waris akan menerima asuransi Rp 4 juta. Tentu saja program satu ini sangat membantu ahli waris,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru SH MM mengatakan, 150 tahun bukan usia yang muda, tertua daripada kabupaten/kota lainnya.

“Terlihat dari megalit yang ada, Lahat dipimpin CU menunukan jati diri sebagai kelebihan ditonjolkan,” paparnya.

Ia menuturkan, pun mempertahankan kearifan lokal, budaya masih berlaku, bahasa masih kental sehingga tidak gengsi, budaya luar yang masuk untuk mengerus.

“Pagari kebudayaan, seni lokal dan bahasa, jangan sampai di klaim oleh tetangga lain,” urai H Herman Deru.

Potensi Lahat, masih kata H. Herman Deru, tidak hanya batubara mempunyai kalori tinggi, melainkan lahan pertanian subur, memang ada etos kerja yang baik.

Selain itu, Lahat juga telah menelurkan kabupaten/kota tetangga dan mengingatkan jangan sampai disalip oleh yang muda serta menunjukan kinerja oleh Cik Ujang SH-H Haryanto SE MM MBA seraya menuturkan, produk yang mampu membangun daerah, terkait kebijakan, pertahanan, peningkatan sehingga mensejahterakan rakyat. — Lili/Wandra

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *