Press "Enter" to skip to content

5 Kelompok Tani Lahat Terima Bantuan Perontok Padi

LAHAT | Koranrakyat.co.id — Penyerahan Lima Bantuan Perontok Padi ( Power Threser ) kepada Lima Kelompok Tani di wilayah kabupaten Lahat dilaksanakan hari ini Kamis (02/05) yang bertempat di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lahat.

Turut hadir pada Penyerahan Bantuan Pertanian kepada Kelompok Tani ini Bupati Lahat Cik Ujang,SH.Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto,SE.MM.MBA, Assisten II, Kadis BKD, Kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kasat Pol PP, Kadis Perhubungan dan Kadis Pertanian beserta seluruh Staf.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir.H.Agustia Budiman, MM menyampaikan selain bantuan unit sarana pertanian ada juga bantuan lain diantaranya benih padi unggul sebanyak 250 ton tersebar di 10.000 Hektar (Ha) areal persawahan,pupuk bersubsidi sebanyak 9.046,76 ton, terdiri dari urea, SP36, ZA, Organik dan NPK.

Beliau juga menambahkan agar kiranya alsintan yang sudah diserahkan kepada koptan untuk dijaga dengan baik dan jangan disalahgunakan dan juga bibit benih padi yang di serahkan sehingga baik alsintan dan bantuan benih dipergunakan sebaik mungkin untuk mensejahterakan petani itu sendiri.

Sedangkan Bupati Lahat Cik Ujang.SH dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah baik Pusat maupun Provinsi khususnya Pemerintah Kabupaten Lahat sangat konsen dan peduli dengan bidang pertanian, khususnya dalam menunjang Program UPSUS, Padi,Jagung dan Kedelai untuk mempertahankan swasembada pangan.

Dalam mendukung sektor pertanian khususnya tanaman pangan pemerintah juga membantu menambah dan memodernisasi alat- alat pertanian salah satunya seperti: Mesin Dos atau Pengirik Padi atau Power Threser.Adapun nama- nama kelompok tani yang menerima bantuan sebagai berikut, Kelompokn Tani Serelo Indah Kec. Merapi Barat, Kelompok Tani Bina Usaha Kec. Mulak Ulu,Kelompok Tani Muda Sepakat Kec. Jarai,Kelompok Tani Bina Karya Kec. Mulak Sebingkai dan Kelompok Tani Serumpun Kec. Mulak Ulu.

Sementara Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Ahmad Firdaus,SP.MM dalam hal ini mengatakan bahwa pada hari ini diserahkan 5 unit mesin DOS Perontok padi bantuan yang berasal dari APBN Provinsi.Beliau juga berharap agar petani dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.Dengan adanya mesin ini petani dapat meningkatkan mutu gabah karena dengan mesin ini lebih cepat,efisien dan hasil yang lebih bagus.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan mesin ini kesejahteraan petani akan semakin meningkat karena hadil mutu gabah yang lebih bagus dan srmoga ada bantuan kelanjutan dari pemerintah Provinsi maupun pusat.” harapnya. — Lili | Wandra

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *