Press "Enter" to skip to content

Pleno Perhitungan Suara Pilpres dan Pileg 2019 Lahat Dimulai

LAHAT | Koranrakyat.co.id — KPU Kabupaten Lahat mulai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019 hari ini Senin(29/04) yang bertempat di kantor KPUD Kabupaten Lahat.

Rapat peleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan dan perolehan suara Pemilu 2019 dihadiri, Bupati Lahat Cik Ujang,SH,Sekda Lahat Drs.H.Masroni,MM,SKPD dan FKPD Kabupaten Lahat.pimpinan partai, saksi peserta Pemilu, Komisioner Bawaslu, penyelenggara tingkat kecamatan.

Ketua KPU Lahat, Nana Priatna, SHi mengatakan bahwa pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu dilaksanakan berdasarkan Undang-Undnag nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum maupun Peraturan KPU nomor 10 Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Beliau juga menambahkan hingga kini proses rekapitulasi perhitungan suara ditingkat kecamatan sudah selesai kecuali Kecamatan Kota Lahat yang masih berjalan.

“KPU tetap menlanjutkan pleno terbuka sesuai jadwal dan tahapan,bagi kecamatan yang masih melaksanakan rekapitulasi akan menyesuaikan, ” ujarnya.

Rekapitulasi di tingkat kabupaten dijadwalkan berlangsung selama lima hari mulai 29 April sampai dengan 3 Mei 2019.

Dilanjutkanya kepada peserta Pemilu agar menyerahkan sepenuhnya kepada KPU bahwa apa yang di pelnokan saat ini sampai dengan selesai nanti itulah hasil sebenar-benarnya dari rekapitulasi tingkat kecamatan hingga kabupaten.

“Percayakan kepada kami sebagai penyelenggara, kami tidak sedikit pun berlaku curang dalam Pemilu,” tutupnya.

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK mengajak seluruh masyarakat agar menyudahi perselisihan lantaran berbeda pilihan.

“Mari kita rajut kembali tali silaturahim serta akrabkan kembali persaudaraan, jangan karena berbeda pilihan kita saling mencaci dan memghujat,” katanya.

Kapolres juga menghimbau KPU saat melaksanakan tugas agar selalu berada dalam koridor-koridor hukum sesuai aturan Perundang-undangan, termasuk Bawaslu agar senantiasa mengawasi setiap tahapan rekapitulasi.

“Kepada masyarakat, mari kita tunggu hasil rekapitulasi KPU hingga nanti penetapan hasil Pemilu,tutupnya. — Lili

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *