Press "Enter" to skip to content

TP PKK Sumsel Juara Satu, Kuliner Expo Nusantara 2019 Tingkat Nasional

JAKARTA | Koranrakyat.co.id – Tak sia-sia perjuangan yang dilakukan Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel selama dua hari terakhir dalam dalam ajang Festival Kuliner Expo Nusantara 2019.TP PKK Sumsel berhasil menyabet juara pertama kategori penyajian terbaik dalam ajang lomba kuliner nusantara dalam rangka

memeriahkan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ke -44 yang juga bertepatan dengan hari Kartini, Minggu (21/4).

Ketua TP PKK Sumsel Hj, Febrita Lustia Herman Deru mengungkapkan rasa bahagianya ketika juri membacakan hasil lomba.

“Alhamdulillah atas kemenangan ini. Prestasi ini adalah hadiah terindah bagi wanita Sumsel di hari peringatan Kartini, yang baru saja kita peringati 21 April lalu. Raihan ini menandakan kemajuan tidak hanya dapat dicapai kaum pria saja, kaum wanita pun dapat menorehkan kemajuan dan kesuksesan dengan tidak meninggalkan kodratnya”, ucap wanita 52 tahun ini dengan bangga.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj. Fauziah Mawardi Yahya juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya.

“Alhamdulillah berkat dukungan penuh dan kepedulian dari Ibu Ketua TP PKK Sumsel, bu Feby yang terus berusaha untuk melestarikan dan mengenalkan dan mempopulerkan kuliner khas Sumsel kepada khalayak luas. Kita pada akhirnya bisa meraih prestasi ini”, kata Fauziah.

Plh Kadisbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi yang mendampingi tim PKK Sumsel dalam ajang teraebut turut bangga atas pencapaian tim PKK Sumsel.

“Saya sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraih oleh tim PKK Sumsel di bawah kepemimpinan ibu Febrita Lustia Herman Deru dan ibu Fauziah Mawardi Yahya. Beliau berdua sangat serius mempersiapkan tim PKK untuk mengikuti festival kuliner nusantara dalam gelaran peringatan ulang tahun TMII yang ke-44”, jelasnya.

Apresiasi juga disampaikan Aufa Syahrizal Sarkomi kepada pengelola anjungan Sumsel di TMII Rebeca yang telah memberikan dukungan dan mewakili tim PKK Sumsel saat menerima penyerahan penghargaan.

“Terima kasih juga kepada Ibu Rebeca, untuk dukungan dan kepeduliannya sehingga tim PKK Sumsel berhasil meraih prestasi sebagai penyaji unggulan pada festival kuliner nusantara tahun 2019,” imbuh Aufa.

Untuk diketahui dalam gelaran Festival Kuliner Expo Nusantara 2019 tersebut, pada hari pertama, Jumat 19 April 2019 TP PKK Sumsel menampilkan menu kuliner dengan tema perayaan muda mudi (malam ningkok) dengan penyajian kambangan menampilkan botekan kue-kue tradisional Sumsel, seperti kue 8 jam, lapis legit, engkak ketan, engkak medok, engkak kricut, dadar jiwo, srikaya, lapis kojo dan makanan sepinggan celimpungan serta laksan, juga bermacam kerupuk kemplang mini dan kerupuk kemplang besar dengan diameter 50 cm, agar-agar merah, dan pisang ambon.

Selanjutnya pada hari ke-dua, Sabtu 20 April 2019, TP PKK Sumsel menyajikan menu kuliner dengan tema munggahan atau hari perayaan resepsi pernikahan, menu pembukanya tekwan, dan sajian inti berupa nasi minyak, malbi, ayam kecap, sate pentol daging, sate ikan, sambal goreng buncis, sambal nanas, dan makanan penutup srikaya.

Sajian menu yang ditampilkan pada festival kuliner nusantara 2019 merupakan hasil kolaborasi antara TP Sumsel bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Boga (APJI) Sumsel dan Ikatan Ahli Boga (IKA Boga) Sumsel. (hms)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *