Anggaran Daerah Kecil Bukan Alasan Untuk Tidak Maju

example banner

MARTAPURA | Koranrakyat.co.id – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ke 15 tahun 2019 ditandai dengan rapat paripurna istimewa bertempat di ruang sidang paripurna DPRD setempat, Kamis (17/1).

Dalam rapat paripurna istimewa HUT OKU Timur kali ini dihadiri langsung Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, Wakil Bupati OKU Timur Feri Antoni, Forkompinda OKU Timur, para bupati dan walikota di Sumatera Selatan dan tamu undangan penting lainnya.

Kedatangan Gubernur dan rombongan di gedung dewan disambut dengan tari sambut sekapur sirih dengan iringan musik tradisional kulintang. Gubernur didampingi juga oleh Ketua TP PKK Hj Febrita Lustia, Ketua Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri dan tamu lainnya.

Rapat paripurna dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD OKU Timur Beni Defitson.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi dalam sambutannya kembali menyampaikan pesan warga OKU timur kapan jalan provinsi diperbaiki.

“Kapan pak menteri Lanudad Gatot Subroto di resmikan untuk komersil. Dan untuk pak Gubernur kapan jalan provinsi diperbaiki,” ucap Kholid.

Kholid menambahkan, bidang pertanian masih menjadi sektor unggulan di OKU Timur. Beras organik telah masuk pasar nasional. Sektor hortikultura buah jambu, jeruk dan pepaya telah masuk ke pasar luar negeri. Dan sejumlah prestasi lainnya termasuk Kabupaten ini kemiskinannya terendah di Sumsel bersama dengan Kota Pagar Alam.

Sementara itu Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya memberikan apresiasi atas prestasi yang telah dicapai OKU Timur. Dan dia kembali menyampaikan sedikit balik pada awal dirinya menjabat Bupati OKU Timur periode pertama pada tahun 2005.

Pada saat itu lanjut Deru, APBD daerah ini tidak lebih dari Rp 240 Miliar untuk membangun daerah dengan luas wilayah 3.370 km persegi. Namun anggaran yang kecil bukan alasan untuk tidak berbuat. Dengan anggaran yang terbatas tersebut dirinya bersama dengan Wakil Bupati HM Kholid Mawardi kala itu melakukan pembangunan semua sektor dengan melibatkan semua lapisan masyarakat.

“Ternyata anggaran kecil bukan alasan. Untuk tidak maju. Buktinya OKU Timur menjadi Kabupaten tersejahtera dengan angka kemiskinan paling rendah,” ujar Herman Deru.

Suami Hj Febrita Lustia ini menegaskan, prestasi yang telah dicapai Kabupaten OKU Timur patut disyukuri meskipun daerah ini minim sektor migas dan hanya mengandalkan sektor pertanian. Namun mampu bersaing ini artinya proses budgeting anggaran yang telah dikelola dengan baik untuk kesejahteraan rakyat.

“Kita hebat karena kita kompak antara ulama omaro dan umat. Tinggal lagi bagaimana daerah ini harus digencarkan lagi bidang promosi. Sebagai Gubernur saya memberikan apresiasi dan wajar saja kalau perhatian kita lebih ke daerah ini, tanpa membedakan kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumsel,” imbuhnya.

Untuk bidang keamanan Gubernur meminta aparat baik TNI dan Polri untuk terus menjaga daerah ini agar tetap kondusif. Karena itu dia meminta Bupati OKU Timur agar dapat memberikan fasilitas kepada TNI dan Polri.

“Saya titip pak Kapolres keamanan disini. Bupati jagan terlalu berhemat, operasional dan peralatan TNI dan Polri juga harus Pemda bantu,” tambahnya.

Untuk urusan jalan provinsi. Gubernur menegaskan pada tahun 2019 ini juga jalan milik Provinsi di OKU Timur tuntas dilakukan perbaikan.

“Soal jalan tadi sudahlah amanlah itu, tahun 2019 ini juga sudah clear,” pungkasnya.

Dilain pihak Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menegaskan, dalam waktu dekat keberdaan Bandara Gatot Soebroto Way Kanan akan diresmikan Presiden menjadi Lapangan terbang Komersial melayani angkutan barang dan penumpang

Sedangkan untuk mengatasi rendahnya harga getah karet rakyat, pemerintah akan melakukan operasi pasar membeli karet rakyat.

“Operasi pasar membeli karet rakyat. Menyapu harga yang murah. Harga rendah akan di perbaiki,” tandas Budi Karya Sumadi.

Ketua DPRD OKU Timur Beni Defitson mengakui, sosok H Herman Deru merupakan putra daerah yang memiliki insting diatas rata rata dan telah dilantik menjadi gubernur Sumatera Selatan. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Menhub dan Gubernur Sumsel di HUT OKU timur ke 15 tahun.

“Penghargaan setinggi tingginya kepada Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel yang telah memenuhi undangan kami,” ujarnya.

Menurut Beni, usia 15 tahun OKU Timur telah banyak mengalami kemajuan. Namun ada juga kekurangan di tengah terbatasnya sumber pendapatan daerah. Karena itu pembangun daerah harus mengacu pada optimalisasi pemanfaatan potensi yang dimiliki demi keberlangsungan pembangunaan berkelanjutan guna mencapai kesejahteraan rakyat.

“Semoga kerja keras kita selama ini dicatat sebagai nilai ibadah kepada Allah SWT,” tegas Beni.

Beni Defitson meminta Menteri Pehubungan dapat membantu program Gubernur Sumsel dalam membangun dan memperbaiki sarana infrastruktur di Sumsel yang disampaikannya dalam bahasa komering dan diterjemahkannya dalam bahasa Indonesia.

“Kami mohon bantuan pak Menteri. Untuk mendorong dan membantu pak Gubernur untuk melakukan perbaikan jalan di Sumsel khususnya di OKU Timur,” harapnya.

Usai paripurna dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh GUbernur dan Menteri Perhubungan dan dilanjutkan dengan foto bersama. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *