Genjot Produksi, PTPN III Revitalisasi 7 Pabrik Gula

JAKARTA | koranrakyat.co.id  – Holding Perkebunan/ PT Perkebunan Nusantara III (Persero) menargetkan produksi gula perseroan pada tahun depan dapat naik ke level 900.000 ton, dari target tahun ini sebesar 800.000 ton.

Pemenuhan target ini dilakukan melalui revitalisasi yang dimulai dengan 7 pabrik gula (PG) yang sudah berumur dan tidak efisien, yang meliputi PG Asembagus, Jatiroto, Gempol, Rendeng, Mojo, Sragi, dan Tasikmadu.

“Nanti revitalisasi PG Asembagus selesai September ini, kapasitasnya naik menjadi 6.000 tcd (ton cane day),” jelas jelas Direktur Utama PTPN III, Dolly P. Pulungan di Agro Plaza, Senin (23/7/2018).Pabrik lainnya yang direvitalisasi adalah Jatiroto dari 8.000 tcd menjadi 10.000 tcd, lalu Rendeng, Mojo dan Sragi akan naik menjadi 4.000 tcd. Sementara itu, Tasik naik menjadi 3.000 tcd.

Adapun pada tahun ini, Dolly mengaku produksi gula yang sudah terealisasi mencapai 300.000 ton, dengan masa giling yang dimulai sejak Mei lalu hingga Akhir September.

“Selain ketujuh pabrik itu nanti masih akan ada lagi. Pokoknya roadmap kita, PG-nya nggak banyak tapi produksinya besar. Jadi di-merger. Nanti PG yang tidak terpakai kita buat jadi unit lain, seperti produksi gula cair, maintain workshop, edukasi agro-heritage, dan jadi geopark supaya tidak ada pengurangan karyawan,” ungkapnya. (cnbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *