19 Juli 2024

Sukseskan BBI dan BBWI, Pj Gubernur Serahkan Penghargaan UMKM Palembang

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id – Pj. Gubernur Sumsel menghadiri acara Puncak Penghargaan UMKM Palembang Awards “Inovasi, Branding & Packaging” Gelar Potensi UMKM 107 Kelurahan Se Kota Palembang di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang (1/6/2024).

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Sumsel, A. Fatoni memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut yang merupakan wujud keseriusan Wali Kota dan Pemerintah Kota Palembang dalam mendukung pelaku usaha UMKM dan Mikro yang berada diwilayahnya.

A. Fatoni juga mengajak masyarakat yang hadir untuk dapat berbelanja produk – produk lokal hasil olahan pelaku usaha UMKM serta berwisata didalam negeri untuk mendukung dan mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Mari kita terus tingkatkan ekonomi Sumsel dengan mendukung dan belanja produk buatan masyarakat kita. Mari kita sukseskan program belanja produk lokal dan berwisata dalam negeri”, ucapnya.

Terkait dengan 87.577 pelaku UMKM yang ada di Kota Palembang, A. Fatoni menyebut bahwa jumlah tersebut merupakan potensi yang sangat luar biasa, yang harus dibina agar kualitas dan packaging produk olahan yang dihasilkan dapat meningkatkan sehingga bisa bersaing pada ditingkat nasional maupun internasional.

“Masyarakat kita sangat kreatif produknya sangat banyak, namun tentu ada yang perlu kita tingkatkan baik dari kualitas, packaging dan brandingnya. ini yang perlu kita tingkatkan bersama”, tutur A. Fatoni.

Tak lupa, A. Fatoni juga mengucapkan selamat kepada pemenang dan penerima penghargaan yang telah berhasil mendapatkan award.

“untuk semua pemenang saya harap capaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, khususnya pada kualitas produk yang dihasilkan sehingga nantinya akan terus menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumsel”, ujar A. Fatoni.

Selain itu, A. Fatoni juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tengah berupaya untuk mengenalkan kopi – kopi yang berasal dari sumsel pada level Internasional dengan Brand Kopi Sumsel.

“Kami juga telah melaunching Kopi Sumsel, ini merupakan langkah kita agar kopi – kopi yang berasal dari perkebunan di Sumatera Selatan dapat mendunia. saya juga meminta dukungan kepada semua produsen kopi di Sumsel untuk mencantumkan logo Kopi Sumsel pada kemasan produk yang dihasilkan”, tuturnya mengakhiri sambutan.

Sementara itu, Pj. Walikota Palembang, Drs. H. Ratu Dewa, M.Si menyampaikan bahwa saat ini geliat ekonomi di Kota Palembang semakin baik dengan jumlah UMKM sebanyak 87.577 pelaku usaha.

Berkaitan dengan jumlah pelaku UMKM tersebut, dirinya menilai bahwa masih ada pekerjaan rumah yang harus bisa diselesaikan bersama oleh seluruh instansi terkait, khususnya pada sektor permodalan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa kedepan UMKM Palembang Award akan terus digelar dalam skala yang lebih besar.

“Pemberdayaan UMKM merupakan penopang dasar perekonomian di Kota Palembang. Maka dari itu, kegiatan ini akan kita laksanakan kembali dengan skala yang lebih besar lagi”, tuturnya.

Selanjutnya, Ratu Dewa mengajak masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan membeli dan berbelanja produk – produk UMKM.

“Susah saatnya kita menggunakan produk lokal, tidak hanya pada makanan saja melainkan juga produk – produk lainnya. Dengan begitu diharapkan brand – brand lokal yang ada bisa dapat bersaing ditingkatkan nasional maupun internasional. Semoga melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas dari produk UMKM yang ada di Kota Palembang dan dapat bersaing lebih baik lagi”, Ucapnya.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palembang, Ibu Hj. Sulhijawati S.E., M.Si bahwa kegiatan UMKM Palembang Awards merupakan Persembahan dari Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas UMKM Kota Palembang untuk mendukung dan memotivasi pelaku UMKM agar meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 110 stand UMKM dari kota Palembang yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak Tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2024 di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Adapun Penerima Penghargaan UMKM Palembang Awards tahun ini diantaranya Pada Kategori Pemerintahan, Juara 1 dimenangkan oleh Kelurahan 11 (sebelas) Ilir, Juara 2 dimenangkan oleh Kelurahan Sei Lais, dan Juara 3 dimenangkan oleh Kelurahan Tuan Kentang.

Untuk Kategori BUMN/BUMD Kota Palembang, Juara 1 dimenangkan oleh PT. Pusri, Juara 2 dimenangkan oleh PT. Pegadaian, dan Juara 3 dimenangkan oleh PT. Bank Sumsel Babel.(hms)