19 Juli 2024

Pj. Gubernur Akan Bangun Kembali Jembatan Putus di OKU Akibat Banjir

BATURAJA | Koranrakyat.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menyerahkan Bantuan Bencana Banjir di Kabupaten OKU untuk masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan diserahkan secara simbolis dari A. Fatoni kepada Pj. Bupati OKU, H. Teddy Meilwansyah, S.STP., M.M., M.PD di Rumah Dinas Bupati OKU.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sumsel turut berduka atas bencana yang terjadi di Kab. OKU, saat ini juga kita serahkan bantuan tahap ke lima kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir. Ini juga sebagai bentuk atensi dan wujud kita untuk saling bahu – membahu dalam meringankan beban masyarakat OKU”, ungkapnya.

Selain menyerahkan bantuan, Fatoni juga menyampaikan bahwa dari beberapa jembatan yang terdampak bencana banjir, salah satunya akan segera dibangun kembali agar fungsi dari jembatan tersebut dapat kembali pulih dan masyarakat dapat beraktifitas normal seperti biasanya.

“Dalam waktu dekat diakhir bulan ini Bapak Presiden juga akan berkunjung ke Sumsel dan kami akan menyampaikan langsung permohonan bantuan penanganan bencana. Terkait dengan Jembatan Pipa Negeri Ratu, Insyaallah akan segera kita bangun menggunakan dana Provinsi agar masyarakat dapat beraktifitas seperti biasanya”, ungkap Fatoni.

Fatoni juga menghimbau agar masyarakat dapat selalu waspada akan bencana yang bisa terjadi serta menyiapkan langkah – langkah antisipasi ketika terjadi bencana.

“Dengan kejadian ini, diharapkan kita dapat mencari penyebab bencana dan dapat bisa dikaji serta diteliti agar kita dapar menyiapkan langkah jangka pendek, jangka menengah dan panjang. Sehingga bencana banjir seperti ini dapat kita mitigasi, kita tangani dan kita antisipasi sebelum kejadian”, tuturnya.

Diakhir sambutannya Fatoni mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan yang ia serahkan hari ini (25/5).

Sementara itu, Pj. Bupati OKU, H. Teddy Meilwansyah, S.STP., M.M., M.PD menyampaikan bahwa bencana banjir di Kabupaten OKU terjadi dua kali dalam kurun waktu yang dekat.

“Bencana banjir ini terjadi dua kali, pertama terjadi pada tanggal 7 mei 2024, kejadian kedua pada tanggal 22 mei 2024”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan Wilayah yang terdampak ada 9 kecamatan, 72 desa, dan 10.816 unit rumah serta 11 unit jembatan penghubung yang terdampak dan rusak parah hingga terputus.

Adapun bantuan yang diserahkan oleh Pj. Gubernur Sumsel dalam kesempatan tersebut diantaranya Beras, paket sembako, makanan siap saji, sandang dewasa, sandang anak, kebutuhan sanitasi, kasur, selimut, obat -obatan dan vitamin.

Turut hadir Ketua DPRD Kab. OKU, Ir. H. Marjito Bachri, Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni., S.IK., M.H dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)