19 Juli 2024

Hadiri HUT ke-155 Lahat, Pj Gubernur Berharap Lebih Maju dan Berdaya Saing

LAHAT | Koranrakyat.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Drs. A. Fathoni.,M.Si berharap, di usia ke 155 Tahun kapbupaten Lahat dapat lebih maju dan memiliki daya saing tinggi.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur, Senin (20/05/2024), ketika menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Lahat dengan agenda peringatan HUT Kabupaten Lahat ke – 155. Rapat Paripurna X Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2024ini dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, ST.

”Atas nama pemerintah provinsi dan atas nama masyarakat Sumatera Selatan mengucapkan selamat dirgahayu Kabupaten Lahat yang ke-155 semoga terus maju masyarakatnya sejahtera dan berdaya saing,” uacap Fatoni.

Dalam kesempatan ini Fatoni juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah banyak meraih capaian prestasi. Ia berharap capaian-capaian positif di Lahat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan

Sementara itu Pj Bupati Lahat Muhammad Farid. S.STP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, angka 155 tahun menjadi sebuah angka yang penuh dengan sejarah dan makna bagi setiap warganya. Kita berkumpul disini tidak hanya sekedar untuk merayakan hari jadi Kabupaten Lahat saja, tetapi juga sekaligus untuk mengenang dan merenungkan perjuangan serta pengorbanan para pahlawan daerah yang telah berjuang demi kemajuan Kabupaten Lahat.

“Memperingati Hari Ulang Tahun secara filosofis bermakna retrospektif yaitu dengan peringatan hari ulang tahun, kita berupaya untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan, introspektif artinya peringatan hari ulang tahun kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan.

“Hal ini menjadikan Kabupaten Lahat sebagai Daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ke-2 diantara 17 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sumatera Selatan,” sambungnya

Hal ini tentu saja berdampak positif pada indikator-indikator makro lainnya dalam beberapa tahun terakhir, seperti tingkat pengangguran terbuka, dimana Kabupaten Lahat berhasil menurunkan angka pengangguran sebesar 0,61% menjadi 3,41% di Tahun 2023.

Stunting merupakan masalah prioritas di Kabupaten Lahat sejak tahun 2020 dimana prevalensi balita stunting Kabupaten Lahat saat itu sebesar 48,1.

Dalam 3 Tahun terakhir, berkat kerja keras kita semua, Pemerintah Kabupaten Lahat telah berhasil menurunkan prevalensi stunting sebesar 40,3 poin menjadi 7,8 di Tahun 2023, sehingga menjadi yang terendah di Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Muhammad Farid.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Prov. Sumsel, Anita Noeringhati, Ketua Pj Ketua TP PKK Lahat, Adhitia Trinia Farid, Anggota DPRD Sumsel, Pipa Sardi, Bupati Lahat Periode 2008-2018, H Saifudin Aswari Rivai, dan segenap jajaran Forkopimda Sumsel dan Kabupaten Lahat yang berkesempatan hadir. (hms)