16 Juni 2024

Rapat Paripurna HUT ke-155 Lahat Khidmat, DPRD Serahkan Rekomendasi LKPJ Bupati TA-2023

LAHAT | Koranrakyat.co.id – Dalam rangka HUT Kabupaten Lahat ke-155 tahun perayaan ke XXVI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Senin (20/5/2024) menggelar sidang Paripurna Istimewa DPRD. Sidang paripurna tersebut berlangsung khidmat dan lancar.

Sidang paripurna IX Masa Persidangan Kedua Tahun 2024, ini juga mengagendakan penyerahan keputusan DPRD Kabupaten Lahat tentang hasil pembahasan sebagai rekomendasi untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintah Daerah kedepan terhadap LKPJ Bupati Lahat Tahun Anggaran 2023.

Rapat dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, ST didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Gaharu, Wakil Ketua ll DPRD Sri Marhaeni Wulansih. Tampak hadir Pj. Gubernur Sumetera Selatan Agus Fatoni beserta, Pj Ketua TP PKK Sumatera Selatan, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Anggota DPRD Provinsi Saifudin Aswari Rivai, Anggota DPRD Kabupaten Lahat, OPD, unsur Forkopimda, para Kades dan Lurah se-Kabupaten Lahat.

Hadir pula para pimpinan kabupaten/kota di Sumsel, seperti Pj Walikota Palembang, Pj Walikota Pagar Alam, Pj Bupati Empat Lawang, Pj Bupati Muara Enim, Pj Bupati OKI, serta pejabat lainnya.

Pimpinan Sidang Istimewa DPRD Lahat Fitrizal Homizi mengatakan, alhamdulillah hari ini Pemerintah Kabupaten Lahat merayakan Hari Ulang Tahun ke-155 Perayaan ke-XXVl.

Sementara itu Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si dalamsambutannya menyampaikan rasa syukurnya dengan telah diserahkan rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Lahat Tahun Anggaran 2023 yang berisikan saran, masukan dan koreksi terhadap penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Lahat.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada saudara Ketua, Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Lahat, atas segala upaya dan kerja keras yang telah dicurahkan sebagai mitra dalam menyelenggarakan Pemerintahan, dan secara khusus pada pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Lahat Tahun Anggaran 2023,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan permohonan maaf, apabila dalam membahas laporan keterangan pertanggungjawaban akhir Tahun 2023, terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

“Hubungan kemitraan antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Lahat kedepan kita harapkan akan semakin sinergi serta memberikan manfaat, bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat yang kita cintai ini,” ujar Pj Bupati Lahat.

Dalam kesempatan ini, PJ Bupati Lahat Muhammad Farid menyampaikan, hari ulang tahun Kabupaten Lahat yang ke-155 kali ini menjadi momentum untuk mengevaluasi pembangunan di Kabupaten Lahat.

“Peringatan ke 155 tahun ini adalah momentum bagi kita untuk senantiasa menggelorakan semangat kebersamaan, berjuang, melempangkan jalan, membangun serta melakukan perubahan-perubahan untuk meraih cita cita bersama mewujudkan Lahat berfaedah dan bermartabat dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” kata Farid.

Ia juga mengatakan HUT kabupaten Lahat tahun berlangsung di tahun politik. ”Semoga kita dapat tetap fokus untuk pembangunan kabupaten Lahat,” ujarnya.

Dikatakan dalam mencapai suatu harapan dan cita-cita memang bukan sesuatu yang mudah untuk diwujudkan. Karena, disamping membutuhkan waktu, biaya, kerja keras, tetap semangat yang tidak boleh mengenal lelah dan putus asa.

“Juga yang teramat penting adalah kebersamaan seluruh komponen masyarakat di daerah ini agar dapat mengedepankan pembangunan Lahat, di hari ulang tahun kita dapat merancang formula untuk kemajuan kabupaten Lahat, dengan hari jadi kabupaten Lahat dapat memberikan semangat untuk tetap bekerja sama membangun Kabupaten Lahat,” ujar Farid.

Lebih Maju Lagi

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengucapkan selamat hari jadi untuk kabupaten lahat yang ke 155 perayaan ke XXVI semoga dengan bertambah usia nya kabupaten Lahat dapat lebih maju lagi dan terus meningkatkan pembangunan.

“Peringatan hari ulang tahun merupakan momen yang penting, maka dari itu kita dapat membuat perencanaan kedepannya, saya mengapresiasi dengan prestasi yang telah di capai semoga tetap menjadi kekompakan dalam bekerja untuk kemajuan masyarakat kabupaten Lahat,” ucapnya.

“Oleh karena itu apa yang kita lakukan dan kerjakan tetaplah berusaha yang terbaik, dengan potensi kabupaten Lahat yang sangat tinggi dapat di gunakan dengan baik untuk pembangunan daerah dan meningkatkan ekonomi kabupaten Lahat agar dapat menurunkan stunting di kabupaten Lahat dan kemiskinan extrim,” pungkas Agus Fatoni. (ika)