19 Juli 2024

Said: Tren Hasil Produksi Perikanan Terus Meningkat di Kepri

Advetorial / Senin, 13 Mei 2024

KEPRI l Koranrakyat.co.id – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Said Sudrajat mengatakan tren hasil produksi perikanan budidaya didaerah ini terus meningkat setiap tahunnya.

Peningkatan itu terjadi pada budidaya seperti Teripang, Udang, Kepiting dan lain-lain,” kata Said Sudrajat di Tanjungpinang.

Said menyampaikan peningkatan produksi perikanan budidaya berdampak positif, khususnya dalam membantu stabilitas harga ikan di pasaran sekaligus menekan angka inflasi.

Selain itu hasil budidaya ini juga sebagian dipasarkan di pasaran dan sebagian lainnya untuk memenuhi permintaan industri seperti restoran atau rumah makan.

“Mengingat kondisi perairan Kepri sangat mendukung, kami (DKP Kepri red) berupaya mendorong pengembangan budidaya perikanan ini agar terus berjalan ujarnya.

“Perikanan budidaya sangat potensial dikembangkan di Kepri, karena potensi pesisir pantai kita bagus dan cocok untuk kegiatan budidaya ini,” pungkasnya.

Selanjutnya said juga menjelaskan bahwa hasil produksi perikanan budidaya saat ini mengalami peningkatan cukup drastis sejak tahun 2021, yaitu dari 20,3 ton menjadi 31,8 ton di tahun 2023.

Adapun perikanan budidaya itu didominasi oleh budidaya ikan lele, teripang, rumput laut, kerapu, kepiting dan udang vanamei.

Terpisah, Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam, Ikhsan Kamil juga mengatakan, siap mendampingi pengembangan kawasan kampung budidaya di wilayah ini, Salah satunya budidaya ikan bawal bintang di Kampung Keter Tengah, Kabupaten Bintan.

“Kami siap memfasilitasi pengembangan kampung budidaya perikanan di Bintan, khususnya dalam hal penyediaan bantuan benih dan teknologi,” ucap Ikhsan.

BPBL Batam berada di bawah Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), BPBL Batam juga telah melakukan pendampingan terhadap kampung budidaya di Keter Tengah Bintan, salah satunya dengan memberikan bantuan berupa 30 ribu benih ikan bawal bintang di tahun 2022.