21 Juli 2024

PWI OI Bangun Sinergitas dengan Bank Sumsel Babel

INDRALAYA|KoranRakyat co.id – SINERGITAS dengan berbagai kalangan terus dibangun oleh Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI). Diharapkan dengan sinergitas tersebut dapat menghasilkan pemahaman tentang fungsi pers dan kerja jurnalistik, sehingga tercipta kerjasama yang proporsional dengan berbagai pihak.

Hal tersebut dikatakan Ketua PWI Ogan Ilir, Fredi Kurniawan saat melakukan audiensi dengan Pimpinan Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Indralaya, di Indralaya, Rabu 8 Mei 2024 lalu.

Fredi beserta para Dewan Penasihat (Wanhat) dan Pengurus PWI lainnya menyampaikan, PWI Ogan Ilir mewadahi 60 wartawan, yang sebagian besar merupakan putra putri asli Bumi Caram Seguguk. Dan hampir 80 persen wartawan yang ada di Ogan Ilir tergabung dalam organisasi PWI, tegasnya.

“Jadi boleh dikatakan, kami adalah SDM yang dimiliki Kabupaten Ogan Ilir saat ini, dan dukungan dari berbagai pihak diharapkan terus mengalir kepada PWI, sehingga peran wartawan yang cukup sentral dapat bermanfaat bagi Kabupaten Ogan Ilir,” tambah Fredi lagi.

Fredi berharap Bank Sumsel Babel Cabang Indralaya sebagai Bank Pembangunan Daerah dapat menjadi sponsorship bagi pengembangan SDM yang ada di PWI Ogan Ilir.

“Kami memiliki program prioritas selama setahun ke depan, diantaranya Pelatihan Jurnalistik Internal, Study Tour ke PWI Pusat dan PWI Yogyakarta, Porseniwada di Muba dan Porwanas di Kalsel, serta Uji Kompetensi Wartawan,” papar Ketua PWI OI ini.

Fredi berharap Bank Sumsel Babel dapat terus bersinergi dalam pembangunan lewat kapasitas yang dimiliki.

Diantaranya dengan mendukung publikasi agar setiap program baik itu pembangunan daerah maupun informasi dari Bank Sumsel itu sendiri dapat tersampaikan secara luas ke masyarakat.

Hal yang menurut Fredi paling “sakral” adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan berkala setiap tahun.

“UKW merupakan program prioritas PWI karena kemampuan wartawan diukur dari situ. Sehingga dapat menghasilkan produk jurnalistik yang akurat, berimbang. Ini juga meningkatkan marwah wartawan, ” jelasnya.

Sementara Wanhat PWI Ogan Ilir, HM Syarifuddin Basrie, S.Ikom, M.Ikom menambahkan, bahwa dunia perbankan tidak bisa dilepaskan dengan media massa. Dimana program kebijakan perbankan perlu diketahui masyarakat secara luas, apalagi saat ini banyak program yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

“Oleh karena itu, kami memandang perlu adanya sinergi yang semakin kuat antara media massa dengan Bank Sumsel Babel,” ucap Syarifuddin.

Pemimpin Redaksi Media Agung Post ini mengajak jajaran Bank Sumsel Babel dapat pro aktif memberikan informasi terkait kebijakan perbankan.

“Bila perlu wartawan diundang langsung untuk menyimak penjelasan dari pihak Bank Sumsel Babel. Misalnya terkait panduan dan keuntungan menabung di bank,” ujar Syarifuddin.

Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Indralaya, Wendy Dwi Ayu Surianti menyambut baik audiensi PWI Ogan Ilir.

Wendy sepakat dengan apa yang disampaikan Wanhat PWI Ogan Ilir, bahwa lembaga perbankan seperti Bank Sumsel Babel sangat memerlukan dukungan media massa.

Menurutnya, informasi yang disampaikan lewat media massa terbukti ampuh menjangkau ke masyarakat luas.

“Dari Direksi Bank Sumsel Babel di pusat pun memang menekankan agar relasi dengan media harus terjalin. Dengan audiensi PWI Ogan Ilir ini, semoga ke depan hubungan dengan insan pers semakin baik,” ujar Wendy. (*/ica)