20 Mei 2024

Momen Temu Haru di Lapas Perempuan Palembang Rayakan Kunjungan Idul Fitri 1445H

Palembang,KoranRakyat.co.id — Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445H, Lapas Perempuan Palembang Kemenkumham Sumsel terus memberikan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan salah satunya layanan kunjungan yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, yang mana sebelumnya kunjungan ditiadakan dan juga dibatasi hanya keluarga inti saat masa – masa covid-19.

Kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1445H terasa spesial dikarenakan seluruh keluarga dapat masuk mengunjungi WBP di Lapas Perempuan Palembang.

Antusias keluarga dan kerabat dihari pertama Idul Fitri terlihat ramai dengan semangat membawakan berbagai makanan khas hari raya.

Momen haru pun nampak terlihat disaat semua yang berkunjungan berkumpul dibawah tenda lapangan Lapas Perempuan Palembang, Rabu (10/4).

Dalam kesempatan ini pun Kalapas, Ike Rahmawati turun langsung kelapangan untuk menyapa keluarga wbp yang sedang berkunjung ke Lapas Perempuan Palembang.

Jadwal kunjungan hari ini sudah dijadwalkan yaitu kamar Arrohmah 01, Arrohmah 02, Syafa 01 dan Syafa 02.

Jumlah kunjungan dari pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB sebanyak 119 Warga Binaan Pemasyarakatan dengan total jumlah pengunjung mencapai 547 orang.

Kegiatan Kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1445H ini pula tidak luput dari para petugas Lapas Perempuan Palembang, Rina Setiari sebagai koordinator kunjungan hari pertama serta dibantu 11 staf lainnya dan Petugas Pengamanan sehingga di akhir kunjungan tetap dengan kondisi aman, tertib dan kondusif.

“Saya turut merasakan momen haru bertemunya wargabinaan Lapas Perempuan Palembang dengan keluarganya yang berkunjung. Alhamdulillah tahun ini dapat memberikan pelayanan ekstra dihari Raya Idul Fitri 1445H dengan memberikan kesempatan untuk mereka mendapatkan layanan kunjungan.” ungkap Ike.

Menurut Ilham, pelayanan kunjungan sejauh ini telah berlangsung tertib, aman, dan terkendali.

Meski berjalan lancar, dirinya mengimbau petugas tidak mengendurkan pengawasannya.

Kakanwil meminta meningkatkan kewaspadaan dan mempercepat pelayanan maupun pemeriksaan kepada pengunjung.

“Jangan lengah tetap lakukan pemeriksaan orang dan barang bawaan, jangan sampai barang-barang terlarang sampai masuk ke dalam”, pesannya kepada petugas.

Disamping itu, Ilham juga meminta Kepada para pengunjung untuk bersabar dan menunggu antrian karena kunjungan Idulfitri berbeda dari layanan kunjungan hari biasanya.

“Tentu saat ini lonjakan masyarakat sangat ramai mengunjungi warga binaan untuk bersilaturahmi”, ungkapnya.

Kakanwil Ilham juga berharap para pengunjung dapat kerjasama untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan.

“Kami akan tingkatkan kecepatan pelayanan (pemeriksaan) agar mereka (pengunjung) cepat dilayani, akan tetapi kewaspadaan tetap maksimal, kami juga berharap semoga warga binaan yang mengikuti pembinaan dapat segera bebas, bertemu keluarga dan bisa berlebaran di tahun depan di rumah,” tambahnya.

Selain itu, Kakanwil Ilham Djaya mengapresiasi petugas Pemasyarakatan yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama sebulan penuh ramadan tahun ini.

Menurutnya petugas sudah siang dan malam bekerja memberikan pelayanan dan menjaga kondisi aman dan tertib di Lapas, Rutan, dan LPKA.

“Tetap jaga kesehatan, tugas kita masih belum selesai, terus lakukan pelayanan terbaik, jangan ada diskriminasi, dan selalu kedepankan SOP”, katanya. (*/sar)