25 April 2024

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Jajaran Monitoring Keamanan Jelang Idul fitri

PALEMBANG | Koranrkayat.co.id – Menindaklanjuti arahan Plh. Sekretaris Jenderal terkait kesiapan pengamanan Idul fitri, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya memastikan seluruh jajarannya agar siap menyambut Hari Raya Idulfitri dengan situasi aman dan kondusif.

“Sesuai Surat Keputusan Bersama 3 (tiga) Menteri tentang cuti bersama dan libur nasional, maka libur hari raya Idul fitri jatuh pada tanggal 8 s.d. 15 April 2024. Mengingat kita meninggalkan kantor cukup lama, maka saya minta agar melakukan kontrol dan monitoring secara bergantian tiap divisi selama hari libur, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan,” tegas Ilham.

Kakanwil juga mengajak jajaran memastikan sebelum meninggalkan kantor pada hari terakhir kerja, Jumat nanti, agar melakukan pengontrolan listrik, air, dan peralatan kantor sudah diposisi nonaktif. “Bila perlu, beri label pada ruangan yang telah dikontrol dengan tulisan Ruangan ini telah selesai diperiksa agar tidak ada yang terlewat,” tekannya.

Kepada 28 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Sumatera Selatan, Ilham menginstruksikan seluruh Kepala UPT agar tetap memberikan pelayanan prima, melakukan deteksi dini, dan memperketat keamanan eksternal melalui koordinasi dengan TNI/Polri.

“Masing-masing Kepala UPT agar menyiapkan langkah antisipasi keamanan seperti menyusun jadwal piket petugas selama hari libur, mengecek kesiapan petugas dan peralatan pengamanan, serta menerapkan One Gate System untuk memudahkan kontrol lalu lintas orang, barang, dan kendaraan,” lanjutnya.

Terakhir, sosok yang pernah menjabat Kakanwil di 5 (lima) provinsi tersebut menambahkan, bahwa ukuran keberhasilan pengamanan ditandai dengan tidak adanya kejadian menonjol yang menjadi perhatian publik atau viral sehingga dapat menurunkan citra Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Selamat Hari Raya Idulfitri untuk kita semua. Bagi yang mudik agar selamat sampai tujuan dan tetap sehat ketika kembali ke tempat tinggal,” tutupnya.