25 April 2024

Agus Fatoni Harap Syafari 2024 Jadi Momentum Peningkatan Ekonomi Syariah di Sumsel

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id – Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni menghadiri sekaligus membuka Syariah Festival Sriwijaya (Syafari) 2024 yang diselenggarakan oleh Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan di Atrium Palembang Indah Mall, Kamis, 28 Maret 2024.

Dalam kesempatan itu, A. Fatoni memberikan apresiasinya kepada Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Ia berharap semoga dengan telah dibukanya Syafari 2024, dapat menjadi momentum untuk mendorong meningkatkannya ekonomi syariah di sumsel.

A. Fatoni juga menyampaikan di Sumatera Selatan sendiri, data pada tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 94,24% dari total penduduk yang berada di wilayah Sumsel merupakan muslim.

“Dengan besarnya jumlah populasi muslim di Sumatera Selatan tersebut, sudah sewajarnya Sumatera Selatan menjadi wilayah yang maju dalam program pengembangan ekonomi syariah, mencakup sektor keuangan, fashion, kuliner, pariwisata, dan lainnya”, ujar A. Fatoni.

Ia juga mengatakan bahwa nantinya Pemprov Sumsel akan memberikan 1.000 sertifikat halal kepada pelaku UMKM di sumsel secara gratis.

Selain itu, A. Fatoni menjelaskan dalam rangka mendukung terwujudnya ekosistem halal value chain yang berdaya saing tinggi di Sumsel, diperlukan integrasi dan kolaborasi dari setiap elemen pendukung ekonomi syariah.

“termasuk koordinasi para pemangku kebijakan, dukungan regulasi dan insentif pemerintah untuk mengembangkan industri halal untuk mensuplai kebutuhan halal lifestyle masyarakat”, tuturnya.

Terkait dengan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, ia menghimbau masyarakat untuk dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov Sumsel dalam rangka membantu masyarakat agar bisa mudik bertemu keluarga di kampung.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan, Ricky Perdana Gozali menjelaskan Syafari 2024 dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 28 s/d 30 Maret 2024.

“Syafari merupakan sarana untuk menampilkan produk ekonomi syariah yang diselenggarakan dari tanggal 28 s/d 30 Maret 2024, semoga ini dapat menjadi pendorong untuk meningkatnya kekuatan ekonomi syariah di Sumsel”, tuturnya dalam sambutan.

Selanjutnya Ia menjelaskan bahwa BI Sumsel telah bersinergi dengan instansi dan lembaga terkait untuk melakukan berbagai program kerja yang berlandaskan kepada 3 pilar utama yaitu (i) penguatan ekosistem halal, (ii) penguatan keuangan syariah, dan (iii) penerapan halal lifestyle

Dikesempatan itu, Pj. Gubernur Sumsel, A. Fatoni didampingi Ricky Perdana Gozali dan pejabat lainnya menyerahkan Sertifikasi Halal kepada 5 (lima) pelaku UMKM di Sumsel.

Turut hadir Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Dr. H. Zulkarnain, SH., MH, Ketua Kadin Sumatera Selatan, Affandi Udjie, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Muhammad Latif dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel. (hms)