25 April 2024

Tak Menunggu Besok, Kapolres Lahat Santuni Korban Kebakaran Rumah

LAHAT | Koranrakyat.co.id – Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga, SH. SIK. MH, melalui Kapolsek Tanjung Sakti Iptu Yogie Melta S.sos berserta Bhayangkari, dan personel, Jum’at (22 /3/2024), memberikan bantuan korban kebakaran rumah di Desa Kepala Siring Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.

Bantuan diberikan langsung kepada Tansri (56 Tahun), pemilik rumah sekitar satu jam setelah kejadian. Korban sedang berada di rumahnya, namun tidak bisa berbuat apa-apa karena konidisinya sedang sakit stroke.

Peristiwa kebakaran itu sendiri terjadi sekira pukul 01.30 Wib. Siang itu warga melihat api dari dalam rumah Tansri, kemudian warga bergotong royong mengeluarkan korban dan isteri serta barang-barang di dalam rumah

Puluhan warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, kemudian datang bantuan mobil Damkar Pemda Lahat untuk memadamkan dan melokalisir api agar tidak merembet ke rumah lainnya. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Adapun penyebab dari kebakaran tersebut, menurut keterangan pihak kepolisian karena konsleting listrik.

Usai apidipadamkan, Kapolsek Tanjung Sakti, Iptu Yogie Melta .Sos, bersama Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Tanjung Sakti serta personil mendatangi korban dan langsung memberikan santunan berupa beras dan uang.

Adapun tujuan dari bansos tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat Tanjung Sakti agar tercipta kedekatan antara Polri dan masyarakat. Selain itu, memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat, terutama pemili rumah yang sudah tua, agar mengecekk ulang kabel listrik yang sudah lama digunakan, karena bisa menyebabkan terjadinya konselting listrik dan terjadi kebakaran.

”Resiko kabel di dalam rumah terbakar karena sudah lama digunakan, sangat besar. Karena itu perlu dicek kembali. Kemudian jika ingin memperbaiki atau memasang instalasi listrik jangan memasang sendiri, melainkan harus berkoordinasi dengan pelutgas PLN,” ujar Kapolres. (erta)

Sumber: Kasubsi penmas humas polres lahat Aiptu Lispono SH.