20 Mei 2024

Pemprov Sumsel Dukung Upaya Mitigasi Lingkungan di Sumsel

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id – Plh Sekda Sumsel, Edward Candra menghadiri penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2024 bertempat di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang, Kamis (7/3/2024).

Plh Sekda Sumsel, Edward Candra membacakan arahan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, mengapresiasi dan mengungkapkan rasa bangganya terhadap para pengawal hutan di Sumsel atas pengabdian menjaga lingkungan dan hutan demi kepentingan makhluk hidup bersama.

“Ini perlu kita jaga bersama. Upaya-upaya ini merupakan bagian dari tindakan mengurangi dampak bencana (mitigasi) akibat perubahan iklim dan sebagai langkah untuk melakukan pemulihan lingkungan,” Ujarnya.

Kegiatan ini sudah dilakukan beberapa kali dan sebagai salah satu cara kampanye untuk mewujudkan lingkungan menanam pohon. Hal ini dilakukan dalam rangka meminimalisir dampak yang terjadi akibat rusaknya lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan aksi kampanye untuk cinta terhadap lingkungan dan kita perlu mendorong hal ini agar terus dilakukan, begitu juga dengan program terkait lainnya seperti kampung iklim, ” Katanya.

Sebelumnya, Pemprov sumsel mengucapkan terima kasih kepada Kementerian LHK yang telah mengalokasikan dana untuk Sumsel bekerjasama dengan mitra yang ditunjuk oleh kementerian sebagai bagian penyelamatan lingkungan di Sumsel.

“Sumsel telah membuat rencana kerja dalam rangka mendukung upaya penurunan emisi, menggiatkan penggunaan kendaraan listrik, penghematan listrik yang terus didorong dengan upaya mempertahankan dan meningkatkan serapan, dan pengendalian alih fungsi lahan, ” Jelasnya.

Untuk selanjutnya, ia berharap setelah ditanam pohon-pohon ini harus dipelihara hingga tumbuh besar dan kuat agar tidak mati.

Sementara itu, Inspektur Jenderal KLHK saat ini dijabat oleh Ir. Laksmi Wijayanti, M.CP., membacakan sambutan Menteri LHK, ungkapkan penanaman pohon serentak merupakan upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan lingkungan hidup dan sebagai sebagai upaya memperbaiki kualitas lngkungan dengan penanaman pohon, sekaligus meningkatkan wawasan masyarakat umum tentang manfaat menanam pohon.

“Pohon berguna sebagai penyedia oksigen, penyimpanan karbon, keberadaan pohon penting untuk kelangsungan makhluk hidup, mengurangi emisi rumah kaca, mengurangi perubahan iklim, menahan terpaan angin, dan solusi dari polusi udara, “tandasnya.

Perubahan iklim, mempengaruhi ketahanan pangan yang tentu akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Mitigasi perubahan iklim, perlu dilakukan untuk melestarikan lingkungan sehingga dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

“Saya mengajak para rimbawan, pemda, bisnis leader, dan semua elemen masyarakat untuk bersama berkontribusi dalam bentuk kegiatan nyata dan terukur sebagaimana komitmen dalam forum global, ” Tuturnya.

Indonesia memandang penting bahwa komitmen menjaga lingkungan yang dipenuhi dengan aksi nyata. Hal ini untuk mengurangi emisi udara melalui sektor kehutanan dan sektor lainnya. Salah satunya dengan cara menanam dan memelihara pohon sebanyak mungkin.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov dan Pemkot yang telah mendukung berbagai upaya menjaga dan mengelola lingkungan dan hutan. Ayo kita membangun harmoni dengan alam dan mulailah menanam, “ajaknya.

Koordinator UPT kementerian LHK, Subekti., SIP., Mhum, melaporkan penanaman pohon ini dilakukan di Taman Punti Kayu pada lahan seluas 1 hektar dengan jumlah 400 batang persemaian bibit kulai, bayur, ketapang,kencanan, tanaman buah berupa alpukat dan duku.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, OPD Sumsel, OPD kota Palembang, Forkopimda Provinsi dan Palembang, pihak swasta, pramuka dan komunitas peduli lingkungan. Dan merupakan kegiatan keempat kalinya sebagai rangkaian acara Hari Bakti Rimbawan yang dilaksanakan pada tanggal 16 Maret mendatang.

“Harapan saya kegiatan ini akan mendukung masa depan hijau berkelanjutan. Dan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan bekerjasama untuk terlaksananya kegiatan ini, ” Pungkasnya

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pemberian bibit secara simbolis bibit tanaman kepada masyarakat dan peninjauan stand-stand. Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, Hj Noeringhati dan Para Kepala OPD Sumsel. (hms)