16 Juni 2024

Bupati PALI Imbau Masyarakat Jadikan Al-Qur’an Bacaan Utama

TALANG UBI PENDOPO|KoranRakyat co.id—-Selain sebagai ajang syiar Al-Quran dan sarana silaturrahmi para Ahlul Quran, MTQ hendaknya menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama. Sehingga masyarakat khususnya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) setiap hari dapat membaca Al-Quran.

Harapan tersebut disampaikan Bupati PALI, Dr Ir H Heri Amalindo, MM dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda), Kartika Yanti, SH, MH saat membuka MTQ IV Kabupaten PALI Tahun 2024 yang dipusatkan di Halaman Masjid Syuhada Handayani Talang Ubi, Rabu 6 Maret 2024.

Bupati PALI menegaskan, dengan menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama dalam kehidupan sehari-hari, maka Al-Quran insyaallah akan memberi berkah kepada masyarakat. “Karena itu tanamkan dan tekadkan bahwa tiada hari tanpa membaca Al-Quran, harap bupati.

Menurut Kabag Kesra, Usmanto, SIP, M.Si, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Pali tahun 2024 ini diikuti sekitar 180 peserta dari 5 kecamatan yang ada di PALI yakni Kecamatan Talang Ubi sebagai tuan rumah, Penukal, Abab, Tanah Abang dan Penukal Utara.

Mereka akan berlomba pada cabang Qiraat, Tilawah, Hifzil, Tafsir, Khot, Fahmi, Syarhil, dan KTIQ, dari tanggal 6 – 8 Maret 2024.

Hadir dalam acara pembukaan MTQ tersebut, Ketua Harian LPTQ Sumsel, Drs KH Mudrik Qori, MA, Waka Polres PALI, Kompol Farida, Pabung Mayor Probo Santoso, dan perwakilan Forkopimda lainnya. Juga hadir Kakan Kemenag PALI, Dr H Deni Priansyah, S.Ag, M.Pdi

Kemudian juga hadir Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, serta pimpinan ormas Islam, termasuk Ketua Harian LPTQ PALI, Ust Herdiyanto, SHI dan Ketua Dewan Hakim, Ust Ayubi.

Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori mengapresiasi pelaksanaan MTQ PALI, yang disiapkan semakin baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mudrik juga meyakini bila masyarakat PALI semakin banyak dan semakin rajin membaca Al-Quran, maka keberkahan pasti akan datang.

Selain itu Ki Mudrik Qori berharap anggaran LPTQ setiap tahun bisa ditambah terutama untuk pembinaan para ahlul quran. Kemudian juga pada program umroh dan beasiswa hendaknya Pemkab PALI dapat juga mengakomodir aspirasi dari santri, yakni dengan melibatkan mereka pada kedua program tersebut. (ica)