20 Mei 2024

KR Natuna- Sebagai daerah yang juga mengembangkan potensi wisatanya, pe,erintah daerah kabupaten Natuna berencana akan mengimui iven Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2024 yang akan di gelar di akhir tahun . Program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang merupakan program turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

” Ajang ini didilaksanakan sebagai  upaya mendorong inovasi Pemerintah Daerah dalam pengembangan, dan promosi pariwisata lokal, serta pencapaian target perjalanan wisatawan nusantara setiap provinsi, pemerintah akan laksanakan pemberian apresiasi atas strategi Pemerintah Daerah, melalui Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2024.” jelas Sekda Natuna Boy Wijanarko, Kamis (22/2/2024)

Pemkab Natuna dan ajjaran terkait  mengikuti rapat penguatan parameter penilaian implementasi BBWI oleh Pemerintah Daerah untuk ABBWI 2024 secara virtual di ruang Zoom Meeting Kantor Bupati Natuna.

Rapat dibuka langsung oleh  Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Republik Indonesia, Rustam Effendi.

“Salah satu tujuan BBWI ini adalah mendorong awareness dan kecintaan dalam berwisata di Indonesia bagi masyarakat dan pemerintah daerah,” ujar  Rustam dalam sambutannya.

Rustam menambahkan, untuk Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau target minimal jumlah perjalanan wisatawan nusantara sejumlah 3,8 target (juta perjalanan).

Natuna akan mempersiapkan parameter penilaian yanag dibuthkan untuk perhelatan ini

Sementara untuk kriteria penilaian Anugerah BBWI sebagai berikut:
  • Pertumbuhan pergerakan wisnus.
  • Viewers video promosi.
  • Tagline/slogan kampanye BBWI.
  • Anggaran pariwisata.
  • Jumlah event skala regional/nasional.
  • Strategi peningkatan pariwisata domestik daerah.
  • Destinasi terkurasi.
  • Travel pattern

Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) merupakan ajang pemberian apresiasi kepada pemerintah daerah atas upaya mendorong aktivitas perjalanan wisatawan Nusantara serta penghargaan bagi bagi pelaku UMKM/IKM/Artisan atas dukungan pengembangan produk dalam negeri yang berkualitas.

Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) merupakan bagian dari pencapaian prioritas peningkatan investasi dan penggunaan produk dalam negeri sekaligus Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Ajang  Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI)tahun lalau  dilaksanakan oleh kolaborasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) kembali bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bank Indonesia (BI) serta Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pegadaian, dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA)

Pada tahun 2023 lalu propinsi Kepri masuk menjadi salah satu emenang ajang ini.

Berikut daftar pemenang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia 2023:

Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan

Sumatra:

  1. Sumatra Barat
  2. Kepulauan Riau
  3. Lampung

Jawa dan Bali:

  1. Jawa Barat
  2. DKI Jakarta
  3. Jawa Timur

Kalimantan dan Nusa Tenggara:

  1. Nusa Tenggara Barat
  2. Kalimantan Timur
  3. Kalimantan Tengah

Sulawesi, Maluku, dan Papua:

  1. Sulawesi Tenggara
  2. Sulawesi Tengah
  3. Sulawesi Utara

Kemudian, di kategori “Provinsi dengan Destinasi Pariwisata Berkualitas Terbaik,” Nusa Tenggara Barat kampiun sebagai juara tunggal. Sementara itu, “Provinsi Terbaik dalam Implementasi Strategi Kebijakan Pemda” adalah Sulawesi Tenggara. (red)