20 Mei 2024

Lapas Kelas II Lahat Terlalu Sempit, Kalapas Minta Bantu Pj Bupati Sediakan Tempat Lebih Luas

LAHAT | Koranrakyat.co.id – Selepas lakukan Kunjungan Kerja di Balai Pemasyarakatan kelas II Lahat, Selasa (23/01/24), Penjabat (PJ) Bupati Lahat langsung lanjutkan peninjauan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas kelas II A) satu satunya di Kabupaten Lahat.

Kepala Lapas Kelas 2A Lahat Imam Purwanto di acara kunjungan PJ Bupati Lahat ini mengungjapkan Per tanggal 23 Januari 2024, Lapas Kelas IIA Lahat memiliki penghuni sebanyak 739 orang.

“Jumlah Penghuni Lapas Kelas IIA Lahat Per tanggal 23 Januari 2024 sebanyak 739 orang, dengan masing masing terdiri Laki Laki 720 orang, perempuan 17 orang dan satu orang anak – anak,” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, permasalahan yang dialami para warga binaan yang ada di Lapas kelas IIA Lahat 70 Persen Penyalahgunaan Narkoba, sedangkan sisanya, pidana umum, pencurian dan penipuan.

“Lapas Kelas IIA Lahat sudah sangat sempit, dan mohon kiranya kepada pemerintah kabupaten Lahat untuk dapat menyiapkan tempat yang lebih Luas,” ungkap Imam.

Dilapas kelas IIA Lahat, PJ Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si berpesan kepada seluruh jajaran pekerja di bawah naungan Kementerian Hukum dan Ham agar senantiasa menerapkan tiga M, yakni Menyapa, Mengayomi dan Mengajarkan kepada seluruh lapisan masyarakat utamanya kepada warga binaan yang ada di wilayah lapas.

“Ini adalah bentuk perhatian Pemerintah untuk Lapas Kelas IIA Lahat, karena hal ini juga menjadi tanggung jawab pemerintah untuk bisa memberdayakan warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Lahat,” tukasnya.

Diakhir kegiatan, PJ. Bupati Lahat didampingi oleh PJ Tim Penggerak PKK Lahat memberikan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lahat. (Sistri)