20 Mei 2024

Selaraskan Program Kerja Provinsi – Daerah, Pj Bupati Lahat Hadiri Rakerda Dekranasda Sumsel

LAHAT | Koranrakyat.co.id – Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2024 selama 1 (satu) hari bertempat di Griya Agung Palembang, Selasa (16/1/2024). Turut hadir eluruh kepala daerah, termasuk Penjabat Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi.

Ikut mendampingi Muhammad Farid, Ketua Dekranasda Lahat Adhitya Trinia Apriliani, S.STP Serta Kepala Dinas Perdagangan Lahat Yunisa Rahman, SIP. MM. Rapat Kerja ini dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni dan dihadiri oleh pengurus Dekranasda Se-Sumsel. Rakerda dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan yang juga sebagai Pembina Dekranasda Provinsi Sumsel, Agus Fatoni.

Rakerda kali ini mengusung tema Kriya Unggul Indonesia Maju, sesuai dan selaras dengan tema pada Rakornas Dekranasda 12 September 2023 yang dilaksanakan di Jakarta, yang dimaknai sebagai tekad segenap jajaran Tim Dekranasda untuk secara konsekuen dan konsisten menjadi motor penggerak ekonomi terkait dengan pemberdayaan dan pengembangan Industri Kecil dan Menengah.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana Hj. Neng Muhaiba, yang juga sebagai Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan mengatakan Penyelenggaraan Rakerda Dekranasda Tahun 2024 bertujuan menyelaraskan dan menjadi rumusan rencana kegiatan program Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota.

“Selain itu sebagai penguatan peran Dekranasda sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah dalam mensukseskan program Pemerintah Daerah dalam rangka menumbuhkan kembangkan khususnya industri Kecil dan Menengah di Sumatera Selatan dan ketiga singkronisasi serta sinerga program kegiatan dengan perangkat daerah yang merupakan mitra kerja dari Deskranasda baik Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota,” ujar Neng Muhaiba.

Rapat kerja daerah Dekranasda Tahun 2024 ini diikuti oleh 210 peserta terdiri dari pengurus Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 40 orang dan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota masing – masing sebanyak 10 orang.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan H. Giri Ramandan Kiemas, S.E, M.M, Para Bupati/Walikota selaku Pembina Dekranasda Kabupaten/Kota, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Ricky Perdana Gozali, Para Kepala OPD Provinsi Sumatera Selatan dan Para Ketua Organisasi Wanita Prov Sumsel. (Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel)

PJ Bupati Lahat Muhammad Farid mengatakan, lewat Rakerda ini. ia mendengarkan arahan langsung dari ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni.

Menurut Farid dengan adanya rapat kerja ini yakin bahwa keinginan dari PJ Gubernur Sumsel Agus Fatoni untuk berkontribusi maksimal bagi kesejahteraan masyarakat akan terwujud. Ia juga memastikan bahwa Kabupaten Lahat siap membantu dan tegak lurus mensukseskan semua kegiatan yang sudah dipaparkan.

Sementara itu dilansir dari Laman Resmi Pemprov Sumsel, Program kerja Dekranasda Sumsel di tahun 2024, di antaranya adalah pelaksanaan HUT ke-44 Dekranas, Rakerda Dekranasda, pelatihan diversifikasi angkinan, rumah pewarna alami Kebun Raya Sriwijaya, Bimtek Tenun Gebeng, Bimtek diversifikasi kerajinan perak, dan lainnya. (Sistri)