16 Juni 2024

Rahman Bermotor Taklukkan Rute OI – Lombok Sejauh 4.000 Km

PENSIUN sehat dan masih gesit menjadi dambaan banyak orang. Apalagi kalau pundi-pundi juga tanpa masalah. Adalah Drs H Abdul Rahman Rasyidi, MM, MBA (60 tahun 5 bulan), yang antara lain pensiun dikaruniahi dengan kondisi fisik masih energik.

Semenjak pensiun sebagai ASN di Pemkab Ogan Ilir (OI) Provinsi Sumatera Selatan–dengan jabatan terakhir Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan—Pak Rahman begitu ia akrab disapa, justru banyak berkendara dengan sepeda motor.

Saat digelar FORKAB I (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Kabupaten) Kabupaten Ogan Ilir, 18 – 22 Agustus 2023 lalu. Rahman selalu hilir mudik Palembang – Indralaya dengan menggunakan sepeda motornya. ” Sepeda motor ini selama ini banyak “nganggur”, jadi sekarang mulai dipakai,” ujarnya memberi alasan kenapa dia banyak menggunakan sepeda motor pasca pensiun.

Abdul Rahman Rasyidi terhitung pensiun 1 Mei 2023, dan di hari menjelang pensiunnya itu, ia ditugasi menjadi Komandan Upacara (Dan Up) peringatan Hari Otonomi Daerah Tahun 2023. Saat itu yang menjadi Inspektur Upacara adalah Wabup OI, H Ardani, SH, MH.

Rahman yang alumni APDN / IIP, memulai karier sebagai birokrat pada Pemda Kabupaten OKI. Ia pernah menjadi Sekcam Kecamatan Sirah Pulau Padang, dan Camat Lempuing, lalu menjadi Camat Indralaya. Saat terjadi “konflik” antara warga Desa Meranjat Kecamatan Tanjung Batu dengan warga Desa Tanjung Lubuk Kecamatan Indralaya (saat itu masih Kabupaten OKI), Rahman sebagai Camat Indralaya berperan aktif mendamaikan permasalahan tersebut.
Rahman juga termasuk pejabat yang berani mendukung pemekaran OKI, konon setelah pernyataannya dimuat di media, ia dipanggil dan disemprot oleh atasannya.

Setelah Kabupaten OI berdiri tahun 2004, Rahman yang berasal dari Kayuagung, usai jabatan camat Indralaya mutasi menjadi Kabag Pemerintahan Setda OI.

Rahman bertahan di Pemkab Ogan Ilir hingga pensiun. Berbagai jabatan silih berganti disandangnya, mulai dari esselon III hingga ke esselon II.

Setelah dari Kabag Pemerintahan, Rahman pernah bertugas di Dinas Perikanan. Kendati agak “tergeser” tapi Rahman tetap bersemangat menjalankan tugasnya. Semangat Rahman ini kemudian membuat Bupati OI saat itu, H Mawardi Yahya mempromosikan Rahman menjadi Kepala Kantor Pariwisata, Seni Budaya dan Pemuda Olahraga. Jabatan ini mengantarkannya ikut dalam rombongan tim kesenian OI tampil di International Tourism Board (ITB)—Pameran Pariwisata Dunia—di Berlin Jerman, bulan Maret 2007. Waktu itu OI diminta oleh Gubernur Sumsel mewakili menampilkan kesenian daerah di ajang acara bergengsi tersebut.

Dalam perjalanan kariernya, Rahman pernah menjadi Kepala Bappeda OI, yang juga pada tahun 2013, berkesempatan ikut dalam rombongan Pemprov Sumsel mempromosikan potensi daerah ke Amerika Serikat (Washington DC dan Newyork).

Selanjutnya Rahman dipercaya menjadi Asisten I Sekda dan Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan. Di era Bupati Ilyas Panji Alam, Rahman juga berkesempatan berkunjung ke Jepang, waktu itu agendanya menjajaki hibah dari Negeri Sakura itu.

Di masa purna bakti ini, Rahman juga masih tercatat salah seorang wakil Ketua Kormi OI. Dan mengisi waktu pensiunnya, bersama teman-temannya para Alumni APDN/IIP yang juga sudah pensiun. Rahman menggagas reuni di Lombok NTB, menjelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk menuju Lombok, Rahman memilih menggunakan sepeda motor. Ia akan menempuh jarak 4.000 Km. Start dari KPT Tanjung Senai Indralaya OI, dilepas Sekda H Muhsin Abdullah dan sejumlah pejabat lainnya, Senin 25 September 2023. Rahman melakukan perjalanan secara solo, menelusuri jalan non tol dengan rute Sumatera – Jawa- Bali hingga ke Lombok PP.

Banyak doa dari teman-temannya, supaya perjalanan Rahman lancar dan selamat.

Sekitar pukul 00.00, Selasa 26 September 2023, Rahman mengabarkan dengan mengupload foto di Waths App Gruf KORMI OI, sudah tiba di Bundaran HI Jakarta. Menurutnya setelah rehat malam, ia akan melanjutkan perjalanan melintasi Pantura Jawa, hingga ke Lombok. Di Lombok sudah ada agenda reuni dengan teman-teman lamanya di APDN/IIP. Lalu untuk rute pulang ke OI/Palembang, Rahman akan melintasi jalur selatan Pulau Jawa.
Luar Biasa Pak Rahman. (ica)