2 Desember 2022

Ansori Kembali Pimpin Masjid Al-Ihsan

INDRALAYA|KoranRakyat co.id – DRS M Ansori Hidjazi (54 tahun) kembali dipercaya menjadi Ketua Masjid Al-Ihsan periode 2022 – 2024, dalam musyawarah jemaah, Selasa malam 16 November 2022.

Masjid tersebut terletak di Komplek SMP Negeri 1 Indralaya, Kelurahan Indralaya Raya, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Ansori yang sehari-hari menjabat Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) OI, dipilih secara aklamasi, setelah ketua sebelumnya H Effendi Bakhtiar, tidak bersedia lagi menjadi ketua.

Musyawarah tersebut dipimpin oleh Ketua Lingkungan I Kelurahan Indralaya Raya, Candra, S.Pd, MM dan dihadiri sekitar 25 orang jemaah masjid.

Dengan kepercayaan tersebut, menurut catatan, amanah ini untuk yang kedua kalinya diberikan kepada mantan Camat Tanjung Batu itu. Beberapa tahun lalu, Ansori juga pernah menduduki jabatan yang sama.

Ansori yang berdemosili tak jauh dari Masjid Al-Ihsan, memang dikenal sebagai jemaah yang aktif dan super kreatif. Ia juga menjadi salah seorang imam tetap di masjid yang terletak di sisi jalan lintas timur (Jalintim) Indralaya-Kayuagung tersebut.

Ia hanya pernah agak kurang aktif, saat ia dipercaya menjadi Ketua Masjid Agung An-nur di KPT Tanjung Senai. Ansori yang alumnus FKIP Unsri, memang dibesarkan dalam keluarga yang religius. Ayahnya Drs H Ahmad Hidjazi (alm) dahulu adalah salah seorang pejabat di Kanwil Depag Sumsel, dan pernah menjadi anggota DPRD Sumsel dari Golkar.

Sementara sebagai PNS/ASN, Ansori pernah menjadi Kabag Humas Pemkab OKI dan Pemkab OI, pernah menjadi Camat Tanjung Batu, Kabag Persidangan Sekretariat DPRD OI, pernah Kabag Kesra Setda OI, Kabid Pol PP, dan sekarang sebagai Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) OI.

Ia juga pernah menjadi Ketua DMI, Pengurus ICMI dan juga Pengurus KONI OI. Dulu Ansori pernah menjadi Sekretaris DPD AMPI Ogan Ilir.

Dalam pergaulan ia dikenal sangat familier, dan aktif di kegiatan kemasyarakatan.

Aktifitas di Masjid Al-Ihsan juga tergolong banyak, baik pada saat hari-hari besar Islam, bulan Ramadhan, maupun taklim rutin mingguan, setiap Ahad bakda Subuh.

Ansori mengajak warga di lingkungan masjid, untuk bersama-sama memakmurkan masjid, terutama aktifitas sholat wajib lima waktu.

Menurut catatan, mereka yang pernah menjadi Ketua Masjid Al-Ihsan antara lain Drs H Rusman Effendi, M.Pd, El Miftah May, Eddy Rizal, SE, MSi, Muhammad Zuhdi, H Cik Usin, dan H Effendi Bakhtiar.(ica)

Lewat ke baris perkakas