5 Februari 2023

Empat Pimpinan Baznas OI Wajah Baru

INDRALAYA | KoranRakyat co.id – PIMPINAN Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Ilir (OI) periode 2022 – 2027, Kamis 3 November 2022 dilantik Bupati OI Panca Wijaya Akbar. Dari lima orang pimpinan Baznas yang baru ini, empat diantaranya tergolong orang lama tapi dengan baju baru.

Mereka adalah Drs H Sidarta, SE, M.Si, Drs H Amir Hamzah, H Maulidin, Drs H Azhari Adan, serta Suhaimi, S.Ag. Untuk posisi di komisioner Baznas OI ini hanya Sidarta orang lama, selebihnya orang lama tapi dengan baju baru. Sidarta masuk ke Pimpinan Baznas OI sebagai pengganti antar waktu (PAW). Ia masuk tahun 2021 menggantikan ketua lama Ust H Muhyiddin, MA karena sering sakit-sakitan. Sidarta pun saat itu langsung menempati posisi ketua Baznas OI, sesuai dengan posisi yang digantikannya.

Sementara Amir Hamzah dan Maulidin sebelum masuk di unsur pimpinan, sudah bekerja di Baznas OI sebagai unsur pelaksana. Yang betul-betul wajah baru di Baznas hanya Azhari dan Suhaimi, walau keduanya juga sudah tak asing lagi di OI. Azhari baru pensiun dari Kabag Kesra, sedangkan Suhaimi adalah ketua organisasi penyuluh agama Islam.

Mereka terpilih menjadi pimpinan Baznas OI, menyingkirkan puluhan peminat lainnya melalui seleksi tertulis dan wawancara. Baik oleh panitia lokal maupun oleh Tim Baznas pusat.

Panitia lokal menjaring sebanyak 10 orang. Lalu mereka ini mengikuti wawancara oleh tim pusat, dan dinyatakan berhasil.

Di OI Baznas dibentuk di era Bupati Ilyas Panji Alam, tahun 2017. Pada awalnya pimpinan Baznas OI periode 2017 – 2022 hanya 4 orang yakni H Muhyiddin, H Fikry Yahusin, Nazori dan Periyanto. Namun untuk periode 2022 – 2027 ini menjadi 5 orang.

Di era Baznas OI dipimpin Ust Muhyiddin ada program ATM beras yang diperuntukkan masyarakat tidak/kurang mampu. Tapi sekarang sepertinya tidak ada lagi. Sekarang program Baznas lebih banyak pada bedah rumah bagi masyarakat tidak mampu, atau mereka yang terkena musibah.(ica)

Lewat ke baris perkakas