5 Februari 2023

Pagelaran Seni dan Pameran Wisata OI di TMII

INDRALAYA | KoranRakyat co.id – PAGELARAN seni budaya dan Pameran Potensi Wisata Bumi Caram Seguguk Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan, bakal digelar di Anjungan Sumsel Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) OI, Sayadi, S.Sos melalui Kabid Kebudayaan, Rita yang dihubungi Jumat 21 Oktober 2022, kegiatan tersebut secara teknis akan diisi oleh Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI) serta Bidang UKM Disperindagkop OI.
” Untuk teknis pagelaran seni budaya dilakukan oleh Dewan Kesenian, sedangkan pameran potensi wisata oleh bidang UKM Disperindagkop. Sedangkan penanggungjawab kegiatan adalah Dinas Dikbud,” ujar Rita.

Sementara Ketua DKOI yang dihubungi secara terpisah mengatakan, untuk seni budaya OI yang akan dipagelarkan berupa tarian, lagu-lagu daerah termasuk gitar tunggal Batang Hari Sembilan, atraksi seni pencak silat, sarofal anam, serta drama legenda Putri Pinang Masak.

Menurut Khairul Kaswan, kalau tidak ada perubahan pagelaran tersebut akan dilaksanakan sehari penuh tanggal 30 Oktober 2022.

Sedangkan pameran potensi wisata OI terutama yang terkait dengan potensi wisata kerajinan dan kuliner.

Baik Rita maupun Kaswan berharap, acara tersebut dapat berjalan lancar, berkesan, dan sukses dalam rangka memperkenalkan dan mengangkat keberagaman seni budaya dan potensi wisata Ogan Ilir. Sehingga OI akan semakin dikenal serta menarik minat investor berinvestasi di bidang tersebut

Adapun seni budaya yang akan ditampilkan pada pagelaran seni budaya OI yakni :

1. Tari sambut Mapak Raje
2. Tari Ngandon
3. Tari Keris
4. Gitar Tunggal Batang
Hari Sembilan
5. Lagu-lagu Daerah Ogan Ilir.
6. Atraksi Tari Cabang Duo
7.Atraksi Pencak Silat Buka Sambut Betanggam
8. Drama Legenda Putri Pinang Masak.
9. Seni Islami Sarofal Anam.

Sedangkan personel Tim Kesenian yang siap ditampilkan sebanyak 65 orang, ujar Kaswan. (ica)

Lewat ke baris perkakas