2 Desember 2022

Sukses Sumsel Tembus 8 Besar MTQN, Juga Sumbangsih Peserta Asal OI

INDRALAYA | KoranRakyat. co.id – KEBERHASILAN kafilah Sumsel meraih predikat 8 besar nasional di ajang MTQ Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan, juga tidak bisa dilepaskan dari sumbangsih peserta yang berasal dari Kabupaten Ogan Ilir (OI). Dari 4 cabang/golongan yang meraih medali, tiga dipersembahkan peserta yang berasal dari OI.

Mereka adalah Abqoriyyin Hisan (juara 1 KTIQ putra), lalu Fahmil Al-Quran putra yang beranggotakan M Fadlul Amal, Ahmad Azka An-nabil, serta Ahmad Zain Ardilah yang mempersembahkan medali perak. Kemudian Choirun Min Alfi Syahrin (juara 3 tilawah remaja putra). Di luar ini ada dua orang lagi asal OI yang meraih juara harapan 1 yakni atas nama Hj Rufaidah Rasyad (qiroaat murattal dewasa) dan Lia Dwi Utami (KTIQ putri).

Mereka terpilih mewakili Sumsel, setelah pada bulan Mei 2022 lalu, menjadi pemenang di ajang MTQ Provinsi Sumsel.

Ketua Harian LPTQ OI, Ki Abdul Gofar Ruslan yang juga hadir di Banjarmasin, sangat bersyukur dan ikut bangga karena peserta yang berasal dari OI mampu mengharumkan nama baik Sumsel di kancah MTQ Nasional XXIX yang dilaksanakan di Kalsel. Kiai Gofar berharap hal ini akan menjadi motivasi bagi santri dan anak-anak OI untuk lebih tekun berlatih sehingga di masa mendatang juga akan meraih prestasi.

Lebih lanjut Ki Gofar juga mengucapkan terimakasih kepada ketua LPTQ Sumsel dan Gubernur/Wagub Sumsel, yang telah memberikan pelatihan dan kesempatan sehingga peserta asal Bumi Caram Seguguk mampu berprestasi di tingkat nasional.

Informasi yang didapat, Abqoriyyin Hisan adalah putra dari KH Mudrik Qori, sekarang masih kuliah di UIN Jakarta. Sebelumnya juga pernah belajar di Ponpes Al-Ittifaqiah. Sedangkan Fadlul Amal sekarang mahasiswa di IAIQ Al-Ittifaqiah, sementara rekannya An-Nabil dan Zain Ardilah masih duduk di kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Ponpes Al-Ittifaqiah. Tapi untuk bidang Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) dan Fahmil Alquran (cepat tepat Alquran) banyak dibina oleh Ponpes Pena Kita pimpinan Ust H Agus Jaya.

Sedangkan Choirun Min Alfi Syahrin adalah alumni Ponpes Al-Ittifaqiah yang sekarang mengabdi sebagai ustadz pondok tersebut. Lalu Lia Dwi Utami juga sedang kuliah di IAIQ Al-Ittifaqiah. Kemudian Hj Rufaidah Rasyad merupakan keluarga besar dari Madrasah Nurul Yakin yang sudah familier di OI.

Kepastian Provinsi Sumsel meraih 8 besar nasional, setelah Ketua Dewan Hakim MTQN XXIX Tahun 2022, Prof Dr KH Said Aqil Husein Al-Munawar mengumumkan hasil perlombaan saat closing ceremony) MTQN XXIX di Astaka Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa malam 18 Oktober 2022.

Setelah membacakan pemenang 1, 2, dan 3 tiap cabang dan golongan, Prof Said Aqil membacakan rangking perolehan nilai tiap-tiap provinsi peserta MTQN XXIX tersebut. Sebagai pengumpul nilai tertinggi/peraih medali terbanyak pada MTQN tahun 2022 ini adalah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan nilai 87. Dengan demikian Jatim keluar sebagai Juara Umum MTQN XXIX tahun 2022. Dengan prestasi tersebut, Jatim merebut Piala Bergilir Presiden yang pada MTQN XXVIII tahun 2020 lalu dipegang oleh Sumatera Barat (Sumbar).

Sementara pada posisi kedua ditempati oleh Provinsi DKI Jakarta dengan meraih nilai 66. Berikutnya rangking 3 diraih tuan rumah Kalimantan Selatan dengan nilai 62.
Lalu untuk rangking 4 adalah Jabar (nilai 43), rangking 5 diduduki Sumbar ( nilai 35), rangking 6 Sumut (nilai 22), rangking 7 direbut Kepri (nilai 20). Sedangkan untuk rangking 8 diduduki oleh dua provinsi yakni Sumatera Selatan (Sumsel) dan Nangroe Aceh Darussalam dengan nilai masing-masing 12. Sumsel disebut diawal karena ada yang meraih medali emas. Lalu rangking 9 ditempati Provinsi Jambi (nilai 8), sementara rangking 10 adalah Jawa Tengah (Jateng).

Untuk nilai Sumsel sebanyak 12 pon didapat dari cabang ;

1. Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) putra atas nama Abqoriyyin Hisan nilai 5.

2. Juara 2 Fahmil Alquran putra atas nama M. Fadlul Amal, Ahmad Azka An-nabil, dan Ahmad Zain Ardilah dengan nilai 3.

3. Juara 2 Tahfiz 10 juz putra atas nama Kms Abdurrahman Huzaifi dengan nilai 3.

4. Juara 3 tilawah remaja putra atas nama Chorin Min Alfi Syahrin dengan nilai 1.

Keberhasilan kafilah Sumsel tembus rangking 8 besar nasional ini, melebihi target yang ditetapkan Gubernur/Wagub Sumsel yang hanya mematok 10 besar nasional.

Atas keberhasilan ini Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori dari Banjarmasin mengucapkan terimakasih atas dukungan, suport dan doa dari Gubernur H Herman Deru, Wagub H Mawardi Yahya, Ketua DPRD Sumsel, Hj Anita Noeringhati dan Anggota Komisi V DPRD, Sekda SA Supriono, Kakanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, Ketua Umum LPTQ H Edward Candra, Karo Kesra dan jajaran serta para sponsorship, donatur, dan para dermawan yang telah memberikan sumbangsih kepada kafilah MTQ Sumsel. Menurut Mudrik keberhasilan tersebut berkat kerja keras dan kerjasama kolektif dari banyak pihak, dan tentunya berkat doa dari para kiai dan seluruh masyarakat Sumsel.

Mudrik berharap keberhasilan ini akan menjadi pemacu dan motivasi bagi semua pihak terkait untuk menyiapkan para kafilah Sumsel ke depan, sehingga prestasi Sumsel semakin terus membaik pada MTQN di masa-masa mendatang. (ica)

Lewat ke baris perkakas