4 Februari 2023

PWI Siap Bersinergi Mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

PRABUMULIH | KoranRakyat. co.id – PERSATUAN Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 6 Oktober 2022, memperingati HUT ke 76 PWI dan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Prabumulih. Kegiatan ini mengambil tema; “Memperkuat Peran dan Sinergi Pers dalam Mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.” Gerakan Sumsel Mandiri Pangan tersebut adalah salah satu program unggulan Pemprop Sumsel di bawah kepemimpinan Gubernur H Herman Deru.

Menurut Ketua PWI Sumsel, H Firdaus Komar, PWI dan pers ingin mengambil peran dan berkontribusi membantu pemerintah Provinsi Sumsel mewujudkan gerakan tersebut. Untuk itu pers di Sumsel siap bersinergi mensosialisasikan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan tersebut, tegas Firkom sapaan Firdaus Komar di hadapan Gubernur Herman Deru dan Ketua DPRD Sumsel, Anita Noeringhati serta sekitar seribu orang yang memenuhi Gedung Islamic Center Prabumulih.

Puncak acara HUT ke 76 PWI dan HPN tingkat Sumsel tersebut berlangsung meriah.

Sementara Gubernur H Herman Deru sangat berterimakasih kepada jajaran pers yang memiliki perhatian terhadap gerakan Sumsel Mandiri Pangan terdebut.

“Speaker saya bukan hanya dari ASN. Tetapi peran pers dan wartawan jauh lebih penting, ditangan para wartawanlah informasi menyebar keseluruh masyarakat. Jadi hal yg naib ketika kita melupakan peran wartawan, apa lagi merendahkan profesi wartawan”. Ujar Herman Deru dalam sambutan pada momen HPN dan HUT PWI ke 76 itu.

Ditambahkannya, pangan bukan hanya terkait padi/beras saja, tetapi juga termasuk jenis pangan lainnya seperti palawija, sayuran dan lain-lain, ujar Gubernur.

Peringatan HUT PWI dan HPN Provinsi Sumsel ini dimeriahkan dengan kegiatan olahraga dan seni antar wartawan. Untuk olahraga mempertandingkan cabor Bulutangkis dan Tenis Meja. Lalu untuk seni islami dilaksanakan lomba Azan dan Tilawah Alquran. Juga digelar bazar UMKM.

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh pers Sumsel yang dinilai berjasa dalam mengembangkan pers daerah. Salah satu yang mendapat penghargaan tersebut adalah Ir HM Soleh Thamrin, mantan PU/PR SKH Sriwijaya Post. Soleh Thamrin berjasa merintis hadirnya koran lokal harian di Sumsel. Kemudian PWI juga memberikan penghargaan kepada Walikota Prabumulih, Ir H Rido Yahya, MM.

Kegiatan tersebut dihadiri juga Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua DK PWI Sumsel, H Kurnati Abdullah, Bupati/Walikota se Sumsel /mewakili, serta para ketua dan pengurus PWI Kabupaten/Kota se Sumsel. (ica)

Lewat ke baris perkakas