27 September 2022

Hasl Rapat Panitia, Bazar Ditiadakan Selama MTQ ke X Tahun 2022, Wabup Ingin Masyaralat Natuna Fokus pada MTQ

Wabup Natuna Rodial Hunda mepimpin rapat pemantapan MTQ Natuna

KR Natuna, Pemkab Natuna akan memfokuskan kegiatan MTQ-X Tingkat Kabupaten Tahun 2022, di masjid, tempat digelarnya perlombaan. dan untuk tahun ini panitia LPTQ tidak  membangun stand  bazar, seperti tahun-tahun sebelumnya. penegasan ini disampaikan Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda selaku ketua LPTQ kabuoaten Natuna saat memimpin rapat pemantapan Persiapan MTQ-X Tingkat Kabupaten Tahun 2022, di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, Rabu (19/04). rapat ini merupakan tindak lanjut rapat persiapan pelaksanaan MTX Natuna yang telah dilakukan bebera kali sebelumnya

Kehadiran bazar sudah menjadi kebiasaan selama  pelaksanaan MTQ baik tingkat kecamatan, kabuoaten maupun tingkat propinsi, Alasan kenapa tidak membangun Bazar pada pelaksanaan MTQ tahun 2022 ini karena Pemda ingin masyrakat fokus terhadap kegiatan MTQ.

“Alasan kami tidak menyediakan bazar-bazar, karena kami ingin masyarakat yang hadir itu fokus terhadap acara, fokus terhadap kegiatan bukan fokus mau beli sesuatu di bazar, karena kami ingin menciptakan masyarakat yang Qur’ani dan Islami di Kabupaten Natuna,” ungkap Rodhial.

rapat panitia MTQ Natuna

Meski demikian, Rodhial berharap pelaksanaan MTQ tahun ini bisa berjalan lancar dan tidak mengurangi antusias masyarakat.

“Semoga dengan adanya laporan dari setiap bidang kita sudah tau masalahnya, dengan adanya masalah ini bisa mengeluarkan solusi, dan mudah-mudahan dengan adanya solusi ini bisa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam acara MTQ di tahun ini,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum LPTQ Kabupaten Natuna, Sudirman, memberi laporan kesiapan kegiatan MTQ.

“Insyaallah kita akan menyelenggarakan MTQ pada tanggal 17 Mei 2022, untuk kesiapan administrasi alhamdulillah sudah siap, mulai dari peserta yang daftar sudah terdata oleh kami selaku panitia,” ucapnya.

Untuk penginapan dewan hakim, pihak LPTQ Natuna telah menyiapkan beberapa tempat untuk beristirahat selama mengikuti pertandingan.

Kata Sudirman, bagi setiap kecamatan yang memiliki mes kecamatan, agar bisa menginap di tempat tersebut. Bagi yang tidak memiliki mes, maka pihaknya nanti akan meminta memasukkan anggaran untuk penginapan maupun transportasi.

“Selanjutnya untuk di bidang publikasi kami sudah saling koordinasi dengan kominfo dimana sudah kami pasang baliho-baliho untuk mendukung kegiatan MTQ,” katanya

Komplek MA yang akan menjadi lokasi MTQ ke X Natuan tahun 2022

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Perwakilan Kemenag Ranai, Kabag Kesra, Kabag Umum, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, Kabid PIKP Diskominfo Natuna

Wabup Ingatkan jadwal Transportasi  Antar Pulau Selama MTQ Berlangsung

Untuk mobilisasi peseta MTQ antar pulau Wabup ingatkan soal transportasi

” Untuk jadwal ini kita harus selaraskan dengan jadwal transfortasi laut, dan juga hari libur seperti hari Raya Idul Fitri, untuk itu perlu adanya koordinasi dengan pihak perhubungan dan Kemenag Ranai mengenai jadwal transfortasi laut, dan informasi hari libur. Tujuannya agar peserta ini tidak mengalami kecapekan saat dalam perjalanan kesini, jadi ada jeda waktu untuk mereka istrirahat sebelum mendapatkan diri dan persiapan untuk tanding”. Ungkap Rodhial Huda

“Selajutnya mengenai Astaka MTQ ini tahun ini saya serahkan bentuk desainnya kepada Pihak Perkim bagaimana baiknya nanti”. Jelas Rodhial Huda

Rodial Huda berharap kerjasama dan kontribusi dari semua pihak agar terselenggaranya acara ini.

khaidir

“Saya mengharapkan kontribusi, dukungan dan kerja sama semua pihak, khususnya pengurus LPTQ Kabupaten, guna menyukseskan perhelatan akbar MTQ ini, ” Jelasnya

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Khaidir menjelaskan pada MTQ kali ini ada beberapa cabang yang akan dilombakan. Meliputi lomba Musabaqoh Tilawah Quran (MTQ), Musabaqoh Tartil Quran (MTtQ), Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ), Musabaqoh Syarhil Quran (MSQ), Saritilawah, Lomba Melukis Islami, Lomba Kaligrafi Islam (LKI).

“Hingga saat kita masih terus melakukan persiapan di setiap tempat kegiatan, karena cabang lomba ini tidak terpusat pada satu tempat. Jadi harus kita persiapkan dengan baik,” kata Khaidir.

Khaidir berpesan kepada setiap khafilah dari setiap kecamatan agar mempersiapkan diri untuk menyukseskan MTQ ke X Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2022.

“Kita harap setiap peserta dari khafilah akan mempersiapkan diri masing-masing, baik dari segi mental, kesehatan dan kemampuannya. Semoga dengan dilaksanakannya MTQ ke X tahun ini membawa berkah dan mendongkrak keimanan bagi kita semua,” tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, MTQ ke IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan digelar di Kabupaten Anambas pada 6 hingga 12 Juni 2022 mendatang. (red)

Lewat ke baris perkakas