5 Februari 2023

Musrenbang Natuna 2022 di Buka Gubernur Kepri, Apa Saja Pesannya?

KR Online, Natuna- Musrenbang Natuna dengan Tema : Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Penguatan Infrastruktur dan Percepatan peningkatan Ekonomi dilaksanakan ditengah pertumbuhan ekonomi Kabupaten Natuna yang  melambat 2 tahun terakhir sebagai dampak covid 19.

Maka tantangan Natuna  ke depan adalah menurunkan angka pengangguran, kemiskinan serta menstabilkan kembali pertumbuhan ekonomi yang terpuruk.  Kebersamaan dan optimisme semua pihak  akan mempercepat pembangunan perekonomian dan menormalkan kembali perekonomian di kabupaten Natuna.

Pernyataan ini disampaikan Sekdakab Natuna Boy Wijanarko saat membacakan sambutan Bupati Natuna diacara pebukaan Mysurenbang natua 2022 yang dibuka resmi oleh  Gubernur Kepri Ansar Ahmad,  di Gedung Sri Srindit Ranai, Senin (21/03/2022). Pembukaan Musrenbang ini ditandai dengan pemukulan gong.

Kehadiran Gubernur Kepri pada acara musrenbang kabupaten Natuna tahun 2022 diharapkan bisa  mepercepat terwujudnya usulan – usulan prioritas dalam rangka peningkatan ekonomi dan infrastruktur di kabupaten Natuna.

” Kita mempersiapkan sumberdaya manusia yg unggul. Fokus prioritas pembangunan natuna yakni diantaranya peningkatan ekonomi daerah, insfrastruktur,peningkatan sumberdaya manusia. Mari kita manfaatkan musrenbang ini sebagai wadah untuk pembangunan natuna ke depan sesuai skala prioritas,” jelas Boy

Tahun ini estimasi pendapatan belanja daerah diperkirakan sebesar 971 miliar. Pemda Natuna akan fokus pada peningkatan ekonomi, infrastruktur, dan SDM.

Dalam sambutannya setelah membuka secara resmi musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2022 Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad S.E., M.M .  mengingatkan  agar Musrenbang Kabupaten Natuna tahun ini dapat mengacu pada lima hal sebagai rujukan dasar yakni.

Pertama adalah angka pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sektor ini penting untuk membuat rencana dalam menentukan kemajuan perekonomian masyarakat sebagai arah pembangunan.

Kedua adalah angka pengangguran. Ini menururnya penting dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan rencana dan program kegiatan pembangunan sehingga pembangunan dapat mengantisipasi dan mengatasi pertumbuhan angka pengangguaran.

Ketiga adalah Indek Pembangunan Manusia (IPM). Menurutnya ada dua hal yang perlu jadi perhatian pada upaya peningkatan IPM di antaranya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan derajat pendidikan masyarakat.

Keempat adalah daya beli masyarakat. Ini juga dianggap penting sebagai acuan Musrenbang karena selama dua tahun terakhir daya beli masyarakat mengalami gangguan akibat Pandemi Covid-19.

Dan yang Kelima  gini rasio. Ini juga dianggap penting sebagai acuan Musrenbang untuk mengatasi terjadinya ketimpangan pembangunan serta untuk memcapai cita-cita pemerataan pembangunan.

Ansar menyatakan, bahwa Musrenbang Provinsi akan digelar pada 30 April 2022 mendatang.

“Kita akan beri perhatian khusus kepada Natuna, kita juga akan mendorong pembangunan jalan Provinsi dan Nasional melalui Dana Alokasi Khusus (DAK),” ungkap Ansar.

Ia menuturkan, bahwa bantuan untuk masjid di Natuna sangat minim. “Saya minta kepada pengurus Masjid dan Pemda untuk bisa mengajukan untuk bantuan Masjid di Natuna,” ucap Ansar

“Oleh karena itu saya berpesan agar Murembang ini dapat dijalankan dengan sungguh-sungguh sehingga pelaksanaanya bukan hanya sebagai acara seremoni belaka. Terakhir, saya ucapkan selamat melakukan Musrenbang dan yakin lah kita di Kepri akan segera dapat bangkit di semua sektor,” pesan Ansar.

Ini merupakan Kali Perdana pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Tahun 2022 dihadiri Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kepri i, anggota DPRD Provinsi Kepri Hadi Chandra dan Ilyas Sablidan seluruh Camat Se-Natuna.

Peserta Musrebang ini berasal dari perangkat Pemerintah Daerah, DPRD Natuna dan elemen masyarakat yang meliputi Ormas, tokoh agama, pemuda, pelajar dan elemen masyarakat Natuna lainnya. (red)

Lewat ke baris perkakas