Diikuti 1.642 Orang, KPU Musi Rawas Gelar Tes Tertulis Calon Anggota PPS

example banner

MUSI RAWAS | Koranrakyat.co.id – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Musi Rawas hari ini menggelar tes tertulis calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Musi Rawas. Dalam tes tertulis, ada dua tahap yakni pagi dan siang.

”Peserta yang ikut tes tertulis ini, telah dinyatakan lulus tahapan adminitrasi,”  ujar Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin,SE.MM saat di wawancarai wartawan, Rabu ( 04/03/20 ) di Gedung Bagasraya Kota Lubuklinggau.

Syarifudin menjelaskan, komposis akhir nanti,  dalam satu desa ada tiga orang anggota PPS.  Sementara saat ini di Musi Rawas ada 186 desa dan 14 kecamatan. “Nah, total peserta yang mengikuti tes tertulis sekarang ini, sebanyak 1.642 orang. Jumlah ini akan disaring menjadi 597 orang calon anggota PPS. Tahap selanjutnya mereka akan masuk tahapan wawancara,”  ujarnya,

Syarifudin, SE. MM

Dilakukannya tes tertulis ini dikarenakan jumlah pendaftar calon PPS telah memenuhi kuota, yakni minimal dalam satu Desa/Kelurahan ada 6 orang pendaftar. “Jumlahnya memenuhi syarat, dan kita langsung melakukan tes tertulis secara serentak di Gedung Bagasraya ini,” jelas Syarifudin manambahkan.

Syarifudin juga mengatakan, peran dari PPS ini sangatlah penting dalam menyukseskan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Musi Rawas. Sebab, PPS yang akan melakukan monitoring dan pengawasan secara langsung terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara yang akan dilakukan pada 23 September 2020 mendatang.

“PPS perpanjangan tangan KPU untuk menyukseskan Pilkada 2020. Artinya, suksesnya Pilkada serentak ini ada di tangan mereka, sebab mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dibawah,” ungkap Syarifudin.

I ajuga menejlaskan bahwa PPS diikutsertakan dalam prosesi verifikasi faktual dari syarat perseorangan bakal calon peserta Pilkada 2020 yang sudah mendaftar ke KPU Kabupaten Mura. Karena, mereka yang mengetahui secara detail letak wilayah masing-masing.

Bahkan diharapkan dapat mengenali masyarakat yang memberikan dukungan terhadap calon kontestan Pilkada, yang berada di wilayahnya.

Dalam prosesi pemutakhiran data pemilih, tugas PPS juga sangat penting dalam menjaga hak pilih dari setiap masyarakat. Tentu saja, semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat, dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Kami berharap agar para pendaftar calon petugas PPS ini serius dan berkomitmen untuk menyukseskan Pilkada, Sebab, suksesnya Pilkada ada di pundak mereka,” pinta Syarifudin. (Reynaldi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *