Evaluasi SAKIP 2019, Pemkab Natuna Raih Predikat BB

NATUNA | Koranrakyat.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dari hasil evaluasi SAKIP pada tahun 2019 yang diumumkan pada acara Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah I di Kota Batam, Kepulauan Riau. Senin (10/02). Pemerintah Kabupaten Natuna berhasil mendapatkan predikat BB.

Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Sekretariat Daerah (Setda) Natuna, Sari Ekawati mengungkapkan, penghargaan ini merupakan keberhasilan tiga tahun berturut-turut Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna meraih predikat BB SAKIP yang sebelumnya meraih predikat CC.

“Alhamdulillah Kabupaten Natuna memperoleh predikat BB untuk Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kemenpan RB. Alhamdulillah dari tahun 2017, 2018 dan 2019 predikat BB, sebelumnya memperoleh predikat CC” ungkap Sari saat dikonfirmasi wartaKominfo. Selasa, (11/02).

Menurutnya, prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras semua pihak terkait termasuk komitmen dan dukungan Kepala Daerah dan juga peran aktif seluruh kepala OPD yang aktif besinergi.

“Ini tidak lepas dari komitmen Kepala Daerah dalam implementasi peningkatan kinerja dalam mewujudkan Visi dan Misi. Dengan peran aktif seluruh Kepala Perangkat Daerah yang aktif dan bersinergi serta sistem pengelolaan keuangan yang terintegrasi sehingga memperoleh predikat saat ini” , tutur Sari.

Ia juga menjelaskan, evaluasi SAKIP dilaksanakan tiga tahap. Pertama dilakukan oleh tim Inspektorat daerah, kedua dilakukan oleh Tim Evaluator Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Terakhir, uji petik oleh Tim Evaluator Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau dilakukan Tahun 2019. Kemudian hasil evaluasi di sampaikan di Tahun 2020. “Harapan saya semoga Pemerintah Kabupaten Natuna dan Masyarakat bersama-sama membangun daerah, walau daerah perbatasan bukan berarti kita terbatas, Natuna hadir untuk Indonesia” pungkas Sari, mengakhiri. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *