Press "Enter" to skip to content

Kunker ke Kalbar Wabup Natuna Cari Solusi Masalah Sosial

Wabup Natuna ke Kalbar cari Solusi

KR, Natuna- Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA., melakukan kunjungan kerja dan beraudiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dari tanggal 12-13 November 2019. untuk mencari Solusi masalah Sosial warga Kalbar di Natuna dan masalah Transportasi.

” Saya menemui pemerintah propinsi Kalimantan Barat dan Pemkab Kubu Raya untuk membahas solusi dua masalah krusial keluhan warga asal Kalbar di Natuna, keluahnnya pertama terkait stigma negatif dan gugaan adanya tindak pidana  human traficking yang menimpa warga Kalbar selama berada di Natuna, rata-rata yag ditemukan dibawah umur,” jelas Ngesti Yuni Suprapti menjawab Gardanusantara.

Wabup Ngesti Yuni Suprapti sangat beryerimakasih kepada pemprov Kalbar dan Wakil Bupati Kubu Raya ynag telah menyambut baik dan sepakat mencari solusi kedepan atas masalah ini.

” Alhamdulilah baik Pemprov Kalbar ynag dalam hal ini diwakili staf Ahli Gubernur dan Wakil Bupati Kubu Raya menerima kami dengan baik dan setuju untuk bersama-sama mencarai slusui atas keluhan warga Kalbar ynag berada di Natuna,” Jelas Ngesti.

Wakil Bupati Natuna saat kunker ini juga didampingi Ketua Ikatan Keluarga Kalimantan Barat (IKKB) di Kabupaten Natuna, Alde Muhammad Ramli yang menyampaikam berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Kalbar di Kabupaten Natuna maupun sebaliknya.

Selain itu Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna Musmulyadi, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pemberitaan Humas dan Protokol Setda Natuna Syamsul Anwar serta seorang tokoh masyarakat Kecamatan Midai Kabupaten Natuna yang ada di Kalbar juga turut serta.

Ketua IKKB Natuna, Alde Muhammad Ramli membenarkan pernyataan Wakil Bupati Natuna, bahwa masyarakat Kalbar di Kabupaten Natuna maupun Masyarakat Natuna yang ada di Kalbar, mengeluhkan masalah sarana transportasi baik laut dan udara, yang belum memadai.

“Kami berharap adanya solusi dari pihak Pemerintah Pemprov Kalbar dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, agar bisa mengakomodir permasalahan transportasi ynag menghubungkan natuna dengan Kalbar agar warga Kalbar di Natuna bisa lebih mudah.” Jelas Alde.

Terkait masalah sosial yang dialami oleh masyarakat Kalbar di Natuna, Alde juga turut prihatin adanya dugaan praktek human traficking yang menimpa masyarakat Kalbar di natuna.

“Kami berkali-kali menemukan warga Kalbar yang berusia dibawah umur dan tidak memiliki kartu tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan identitas lainnya, yang dipekerjakan oleh pemilik usaha tempat hiburan malam (THM). ini menjadi keprihatinan dan kami berharap adanya solusi dari pemprov Kalbar dan pemerintah Natuna,” Tambah Aldi. 

Menurut Aldi adanya kasus tersebut menimbulkan stigma negatif dikalangan masyarakat Natuna, bahwa banyak masyarakat Kalbar di Kabupaten Natuna yang bekerja di THM.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengharapkan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dengan Pemprov Kalbar, agar sama-sama mencarikan solusi yang terbaik.

“Mengenai masalah transportasi, Ngesti harap Kapal Sabuk Nusantara (Sanus) 36 milik PT. Pelayaran Indonesia (Pelni), agar kiranya dapat menyinggahi Pelabuhan Tanjung Payung yang terletak di Penagi, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur. Untuk jalur udara saya minta pemprov Kalbar untuk sama-sama juga meminta agar Pesawat jenis Hercules milik TNI AU dapat melayani penumpang dari Natuna ke Pontianak, Kalbar dan sebaliknya, dalam misi Penerbangan Angkutan Udara Militer (PAUM). Hal ini bertujuan agar dapat memperlancar arus transportasi orang dan barang antar kedua daerah tersebut.” Jelas Ngesti.

Dalam kesempatan itu Pemerintah Provinsi Kalbar maupun Pemkab Kubu Raya, melalui Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, mengaku akan membuka lebar komunikasi dengan Pemkab Natuna, untuk menyelesaikan masalah sosial masyarakat dan traficking yang dialami oleh masyarakat Kalbar di Natuna.

Kedatangan rombongan Wakil Bupati Natuna di Pemprov Kalbar disambut oleh Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Ir. H. Syawal Bondoreso. Sementara saat bersilahturahmi dengan Pemkab Kubu Raya, ditemui oleh Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, SE., Sekda, Asisten dan OPD terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *