Press "Enter" to skip to content

SKPT Selat Lampa Diresmikan Bupati Natuna dan MKP Susi Pudjiastuti

KR, Natuna-Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti bersama Bupati Natuna Hamid Rizal meresmikan beroperasinya Setra Kelautan dan Perikanan Terpadu SKPT) Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupetan Natuna propinsi Kepulauan Riau, Senin (07/10).

Susi Pudjiastuti menjelaskan bahwa pembangunan SKPT Selat Lampa saat ini sudah 90 persen bisa beroperasi, walau masih banyak fasilitas yang terus dibangun, namun sudah mampu memberikan pelayanan aktivitas terpadu bagi para nelayan.

“SKPT Selat Lampa dibangundengan dana APBN 211,7 Miliar Rupiah diatas tanah harapkan dapat membangun perekonomian daerah pada sector perikanan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Natuna. Untuk itu, fasilitas ini hendaknya dapat dikelola dengan baik dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi optimalisasi potensi perikanan daerah. “Jelas Susi Pudjiastuti. 

Untuk itu, Susi berharap Pemerintah Daerah dapat berkomitmen dalam mendukung SKPT ini dengan melalui berbagai aktivitas seperti pelelangan ikan dan pemungutan retribusi dari kapal penangkap ikan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal berharap dengan diresmikannya operasional SKPT Natuna, akan memberikan peluang peningkatan pendapatan para nelayan khususnya

Hamid menjelaskan bahwa dengan keberadaan SKPT Selat Lampa, terjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat, dimana pada tahun 2016 pertumbuhan tersebut berada pada kisaran 3,5%, menjadi 5,8 pada tahun 2019.

Dengan diresmikannya pengoperasian SKPT kali ini, Hamid berharap terus terjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama melalui pengelolaan potensi kelautan dan perikanan daerah serta menambah pendapatan asli daerah.

Untuk itu atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Natuna, Hamid Rizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan perhatian dalam berbagai program kerja, baik pembangunan fisik, bantuan armada nelayan, asuransi dan santunan serta berbagai bentuk program lainnya.

Setelah meresmikan SKPT Selat Lampa secara resmi, Menteri KKP juga melaksanakan Penenggelaman Kapal Ikan Asing (KIA), menandatangani Berita Acara Penenggelaman KIA, penyerahan Berita Acara dari Kejari Natuna kepada Satgas 115, Penyerahan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta CSR BUMN bidang Perikanan berupa SIUP, SIPI, SIKPI kepada pelaku usaha WPP 711, dan terakhir melepas Ekspor Perdana Gurita dengan tujuan negara Jepang. (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *