Press "Enter" to skip to content

Lahat Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

LAHAT | Populinews.com — Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat menggelar Festival Pangan Lokal B2SA tingkat Kabupaten Lahat tahun 2019. Kegiatan ini digelar di halaman parkir hotel Bukit Serelo Lahat, dan diresmikan pembukaannya, Senin (16/7/2019).

Turut hadir dalam acara ini Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto,SE.MM, Ketua Tim Penggerak PKK beserta pengurus, FKPD dan SKPD, Ketua Darma Wanita, Camat se Kabupaten Lahat serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lahat, H.Hasnul Basri, SH. MM dalam laporanya menyampaikan bahwa tujuan dari festival ini diantaranya menimbuhkan minat masyarakat dalam menggali potensi lokal menjadi pangan yang sehat dan aman,memberikan nilai ekonomis,mendorong kreativitas dan inovatif yang bernilai komersil.

Adapun tujuan lainnya diharapkan dapat mendorong kreativitas,inovasi,dan pola konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya pangan lokal.Dalam penilaian para dewan juri berasal dari ahli tekhnologi pengolahan pangan,ahli gizi,ahli boga,dan pelaku usaha pangan lokal.

“Di tujukan kepada ibu-ibu PKK se-Kabupaten Lahat agar mempunyai kreativitas dan alternativ dalam pengolahan makanan selain beras yang mempunyai nilai gizi yang tinggi.”ujarnya

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Lidyawati,S.Hut mengutarakan bahwa festival ini sangat bermanfaat untuk keaneka ragaman pangan yang dapat meningkatkan gizi.Selain itu juga dapat meningkatkan kreativitas dan mempunyai nilai ekonomi yang dapat meningkatkan penghasilan dalam rumah tangga.

Bupati lahat dalam kata sambutanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan bahwa pemerintah pusat maupun daerah saat ini serius menangani masalah pembangunan ketahanan pangan.Pada kesempatan ini juga Bupati Lahat mengucapkan selamat kepada ibu ibu yang telah berpartisipasi mengikuti festival ini.Beliau berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat sehingga menambah perbendaharaan  aneka ragam pangan di Kabupaten Lahat Khususnya.

“Kami  berharap kepada dinas terkait untuk dapat terus mengembangkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, berbasis sumber daya lokal sehingga setelah diadakan festival ini keinginan untuk mengkonsumsi dan mengembangkan pangan B2SA semakin meningkat”.tuturnya. —Rochmi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *