Press "Enter" to skip to content

Kabupaten Natuna Dapat Anugerah Pastika Parama Dari Kemenkes RI

KR, Natuna – Wakil Bupati Natuna, Dra. Ngesti Yuni Suprapti, MA menerima Anugerah Pastika Parama dari Kemenkes RI, Kamis,( 11/07) pada peringatan hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019.

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Prov/Kab/Kota di seluruh Indonesia yang telah berhasil menetapkan peraturan daerah terkait dengan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di daerahnya masing-masing.

Kabupaten Natuna  menerima penghargaan Pastika Parama  karena berhasil menetapkan peraturan daerah (perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2018 ini ditetapkan dalam paripurna DPRD Natuna, Kamis (19/7/ 2018) lalu.

Anugerah bergengsi bidang Kesehatan itu, diserahkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek kepada Wakil Bupati Natuna, Dra. Ngesti Yuni Suprapti, MA, pada Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), di Auditorium Siwabessy Gedung Prof Sujudi Lantai 2 Kantor Kemenkes RI, Jakarta.

Menkes RI, Nila Djuwita F. Moeloek, mengatakan, dalam berbagai riset, diketahui bahwa faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) utama yang bisa dicegah bersama adalah perilaku buruk merokok.

”Rokok merupakan faktor risiko penyakit yang memberikan kontribusi paling besar dibanding faktor risiko lainnya. Seorang perokok mempunyai risiko 2 sampai 4 kali lipat untuk terserang penyakit jantung koroner dan memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang penyakit kanker paru dan PTM lainnya,” ungkap Menkes Nila.

Kementerian Kesehatan bersama dengan Kementerian Lembaga terkait, berupaya melakukan upaya pengendalian iklan dengan pembatasan iklan rokok di Internet.

” Alhamdulilah Kabupaten Natuna menerima penghargaan Pastika Parama, bersama 5 pemerintahan provinsi dan 29 kabupaten/kota/kodya lainnya di Indonesia, tentu ini sangat kita syukuri dan akan memotivasi pemkab Natuna untuk selalu meningkatkan kualitas kesehatan Masyarakat Natunam,” Jelas Wabup Natuna Ngesti YS kepada pewarta.

Selain penghargaan tersebut, juga terdapat 3 penghargaan lainnya yang di berikan oleh Kementerian Kesehatan RI, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah terhadap provinsi/Kab/kota yang telah menerbitkan dan mengimplementasi peraturan daerah (perda), pergub, perwako, perbub atau surat keputusan/edaran lainnya terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR) diwilayahnya masing-masing.

Ke 3 penghargaan, tersebut yaitu 1. Penghargaan Pastika Parahita, yang diberikan kepada 1 prov dan 18 kab/kota, 2. Penghargaan Awya Pariwara, yang diberikan kepada 2 kab dan. 3. Penghargaan Paramesti, yanng diterima oleh 4 kabupaten termasuk Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

“Penetapan KTR, tujuannya  mendidik masyarakat untuk berperilaku sehat, mengatur bagaimana perokok tidak disembarang tempat, untuk melindungi kelompok rentan dari paparan asap rokok, yaitu, bayi/balita, ibu hamil dan ibu menyusui, sekaligus sebagai upaya untuk menekan peningkatan angka perokok, khususnya perokok pemula sehingga diharapkan akan terwujud derajad kesehatan masyarakat yang optimal.” Tambah Ngesti YS.  (red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *