Press "Enter" to skip to content

Bupati Imbau Kades Kelola Dana Desa Sesuai Peruntukannya

LAHAT | Koranrakyat.co.id  — Bupati Lahat melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Fauzan Khoiri Denin, APP. MM mengimbau agar Kepala Desa dapat menggunakan Dana Desa dengan sesuai dengan tujuannya.

Pernyataan itu disampaikan awak media Jum’at (8/2/2019) Terkait dengan adanya peningkatan anggaran Dana Desa Pemerintah Kabupaten Lahat sesuai dengan arahan dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal kepada Desa sebagai pengguna dan pelaksana Dana Desa.

Fauzan mengungkapkan pihaknya selaku pemerintah hanya bisa mengarahkan yang selanjutnya pelaksanaan tergantung dengan desa sebagai pelaksana dari dana desa.

Untuk tahun 2019 ini dana desa difokuskan pada pemberdayaan masyarakat dengan berbagai jenis usaha yang disesuaikan dengan potensi serta kearifan lokal yang ada di desa masing-masing.

Dalam hal ini dana di peruntukan dalam bentuk partisipasi kerja yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat desa seperti dalam bidang badan usaha,pertanian pariwisata,perikanan tetmasuk mbuat bumdesmart.

“Kami selaku pemerintah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  menghimbau agar  menggunakan dana desa sesuai dengan peruntukannya dengan asas manfaat, partisipasi masyarakat dan produktif,” ungkapnya

Beliau berharap agar desa akan cepat maju berakselerasi melalui dana desa dan bisa mengelola dana desa secara profesional,proporsional,transparan dan akuntabel.

Sedangkan Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Elsye Hartuti,S.STP.MM menambahkan bahwa pebggunaan dana desa ini tetap pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa.Adapun program yang dudah ada dari pusat meliputi embungdes,produk unggulan desa.bumdes, serta penyediaan sarana olahraga desa.Program-program ini lah yang akan meningkatkan pemberdayaan masyarakat di desa.

Beliau berharap agar desa sebagai pengguna dana desa  bisa menggunakannya sebaik mungkin sesuai dengan aturan dan tata cara yang di tentukan.Sejauh ini sudah 75 % dari semua desa yang ada di Kabupaten Lahat yabg sudah mengalokasikan dana untuk bumdes yang tujuanya untuk percepatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat seduai dengan program utamanya yaitu pemberdayaan masyrakat dan akan lebih meningkat lagi dari tahun sebelumnya.

“Kami berharap agar desa bisa memberdayakan seluruh perangkat desa untuk berbagi tugas dalam melaksanakan dan menggunakan dana desa.”tutupnya. (Wandra)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas