Uji Lapangan Bencana Banjir Berlangsung di Lahat

example banner

LAHAT | Koranrakyat.co.id – Apel Gelar Pasukan dan Uji Lapang Renkongensi Banjir Kabupaten Lahat tahun 2018 hari Kamis (29/11/2018) berlangsung di lapangan seganti setungguan Lahat.

Turut hadir dalam apel ini Bupati Lahat di wakili Assisten l, Ramsi, S.Ip, Kasdim, Kapolres, Kepala BPBD provinsi Sumatera Selatan Suntantri, Kepala BPBD Kabupaten Lahat Margiono beserta jajaranya, fasilitator nasional dari BNPB RI, SKPD dan FKPD Kabupaten Lahat.

Pembina apel gelar pasukan dan uji lapang rekongensi banjir Kabupaten Lahat tahun 2018 Bupati Lahat Marwan Mansyur yang di wakili asisten l, Ramsi dalam amanatnya menyampaikan bahwa bencana merupakan peristiwa alam yang disebabkan oleh faktor alam ataupun faktor manusia.

Oleh karena itu di butuhkan kesiapannya untuk menangani sebuah bencana.

Dalam hal ini peran BNPB melalui BPBD Kabupaten Lahat sangat diperlukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa yang besar serta perlu di lakukan kesiapan personilnya untuk menangani sebuah bencana.

Tidak hanya itu manfaat dari kegiatan apel gelar pasukan dan uji lapang renkongensi ini adalah untuk mengantisipasi dan mengatasi apabila terjadi bencana banjir ataupun bencana lainya.

Adapun dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan akan adanya kesepakatan dan kitmen bersama dalam pembagian tugas dan fungsi seluruh stake holder dalam menangani bencana alam yang terjadi.

“Kami selaku pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan untuk seluruh peserta di harapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.”tutupnya

Sedangkan Kepala BPBD Kabupaten Lahat Marjono, SE, MM mengungkapkan bahwa acara ini akan perencanaan rekongensi ini akan di tindak lanjuti sehingga dari rekongensi akan lebih mempunyai kekuatan dasar hukum dalam menangani bencana alam di Kabupaten Lahat.

Dilanjutkanya bahwa penyusunan rekongensi ini tidak terbatas pada rencana banjir tetapi seluruh bencana yang ada dan mudah-mudahan untuk tahun depan ada rekongensi yang lain.

Sebagai mitra kerja TNI/Polri serta pihak-pihak ataupun instansi terkait diharapkan dukungan dan bantuannya untuk menangani suatu bencana yang terjadi. (wandra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *