Belum Capai Kesepakatan Harga, Kepala BBWSS Datangi Walikota

example banner

PALEMBANG | Koranrakyat.co.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Rabu (26/9/2018) menggelar sosialisasi fasilitas dan koordinasi penataan jaringan saluran sungai dan anak sungai, di Hotel Grand Zuri.

Sosialisasi yang diikuti tokoh masyarakat, komunitas peduli banjir, komunitas peduli sungai, camat dan lurah, serta perwakilan Brimob, diajak menjadi garda utama dalam pengentasan genangam air di Kota Palembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mastofa mengatakan, topografi Palembang 60 persen merupakan daerah rawa.
Sejumlah anak sungai di Palembang sudah mulai mendangkal dan menyempit sehingga berpotensi rawan banjir.

“Pembangunan pompanisasi Sungai Bendung dan kolam retensi diharapkan mampu menanggulangi genangan air, terutama dikawasan Sekip, IBA, dan Jalan R Soekamto,” tegasnya.

Tentunya, pembangunan tersebut, kata Harobin perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

“Jika hanya mengandalkan pemerintah tanpa partisipasi dan dukungan semua pihak, target pembangunan ini tidak akan optimal,” ujarnya.
Saat ini, katanya pembangunan pompanisasi Sungai Bendung pengerjaannya fisiknya telah mencapai lebih dari 90 persen ini.

Sekda mengingatkan kepada pihak yang masih belum mau melepaskan lahannya untuk pompanisasi Sungai Bendung untuk ikhlas demi kepentingan bersama.

Menurutnya, besaran ganti rugi lahan tersebut sudah ada aturan dan ketetapan dari KJPP dan tidak bisa serta merta menetapkan sendiri.

Sementara itu Kabag Perekonomian Pembangunan Zuriyati mengatakan, salah satu upaya penanganan banjir di Palembang adalah dengan membangun pompanisasi Sungai Bendung di Jalan Ali Gatmir dan revitalisasi Kolam Retensi Brimob. Pompanisasi ini bertujuan untuk mengatasi banjir di kawasan sekitar Sungai Bendung.

Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap manfaat pembangunan pompanisasi Sungai Bendung dan revitalisasi kolam retensi Brimob. Untuk mewujudkan visi Palembang Emas Darussalam. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *