Gempa Lombok: 98 Tewas dan 2.700 Turis Dievakuasi

example banner

JAKARTA | koranrakyat.co.id — Jumlah korban meninggal dunia dampak dari gempa di Lombok diketahui bertambah menjadi 98 orang.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada pagi tadi melaporkan korban meninggal dunia 82 orang.

Seperti diketahui, gempa 7 SR mengguncang Lombok pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB.

“Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (6/8/2018).

“Diperkirakan jumlah korban dan kerusakan akibat dampak gempa akan terus bertambah. Mengingat belum semua daerah terdampak gempa dapat dijangkau petugas Tim SAR gabungan,” tambah dia.

Sementara itu, diperkirakan ribuan pengungsi tersebar di berbagai lokasi.

“Bantuan juga belum dapat didistribusikan merata. Selain terbatasnya jumlah logistik yang ada, pengungsi juga tersebar di berbagai lokasi sehingga menyulitkan pembagian bantuan, khususnya di Kabupaten Lombok Utara,” jelas Sutopo.

Adapun Tim SAR gabungan yang dipimpin Basarnas telah berhasil mengevakuasi sebanyak 2.700 orang wisatawan asing dan domestik dari ketiga pulau tersebut, data per hari ini pukul 15.00 WIB. (cnbc.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *