19 Juli 2024

Erdogan : Rencana Israel Serang Lebanon Didukung Negara-negara Barat

Ankara,KoranRakyat.co.id  — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut adanya   rencana Israel untuk menyerang Lebanon dan “menyebarkan perang” ke seluruh kawasan mendapatkan dukungan dari negara-negara.
“Israel sekarang mengarahkan perhatiannya ke Lebanon dan kami melihat kekuatan-kekuatan Barat di belakang layar menepuk punggung Israel dan bahkan mendukung mereka,” sebut Erdogan saat berbicara kepada para anggota parlemen Turki dari Partai AKP yang berkuasa, seperti dilansir AFP, Kamis (27/6/2024).

Dalam pernyataannya yang dilansir detikNews, Erdogan menuduh Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu memiliki rencana untuk “menyebarkan perang ke kawasan yang akan menimbulkan bencana besar”.
“Sungguh menyedihkan bahwa negara-negara yang membicarakan kebebasan, hak asasi manusia, dan keadilan menjadi tawanan orang yang sakit jiwa seperti Netanyahu,” ujarnya.

Pernyataan Erdogan ini disampaikan ketika kekhawatiran meluas atas meningkatnya ancaman dan serangan lintas perbatasan yang terjadi hampir setiap hari antara pasukan Israel dan kelompok Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon. Situasi itu dikhawatirkan menjadi perang besar-besaran.

Kekerasan di perbatasan Israel dan Lebanon meningkat setelah perang berkecamuk di Jalur Gaza pada Oktober tahun lalu.

Netanyahu mengatakan bahwa pasukan Israel kini mengakhiri bagian paling intens dari perang Gaza dan akan dikerahkan kembali ke perbatasan utara dekat Lebanon. Pengerahan itu disebut sebagai langkah defensif.

Pekan lalu, Israel mengatakan rencana serangannya di Lebanon telah “disetujui dan divalidasi”.

Erdogan, dalam forum yang sama di parlemen Turki, menyatakan dukungan dan solidaritas untuk Lebanon di tengah meningkatnya ketegangan dengan Israel. Dia menyerukan negara-negara kawasan untuk juga mendukung Beirut.

“Turki mendukung Lebanon dan menyerukan aktor-aktor regional untuk mendukung Beirut,” ucap Erdogan di hadapan parlemen. (*/Sar)