19 Juli 2024

Pj Gubernur Ajak Pusri Kerjasama Lebih Baik untuk Ketersediaan Pupuk Petani

PALEMBANG | Koranrkayat.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni menerima silaturahmi Direktur Utama PT. Pupuk Indonesia Tri Wahyudi dalam rangka optimalisasi kerjasama antara PT.Pupuk Sriwijaya dengan Pemprov Sumsel, silaturhami tersebut dilaksanakan di Griya agung, Selasa (14/05/2024).

A Fatoni menyampaikan Sumsel ini provinsi yang sangat besar, peluang dibidang pertaniannya tentu sangat besar pula maka pentingnya adanya kerjasama yang baik, baik dalam penyediaan pupuk, perkembangan pertanian dan perkebunan.

“Kita kedepan di Sumsel akan optimalisasi lahan, Mentan menyampaikan kita ada penambahan lahan sawah baru sebanyak 300,000 Hektar cetak sawah baru, ini akan menjadi peluang sumsel menjadi lumbung pangan oleh karena itu perlunya kerjasama yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur utama PT.Pupuk Sriwijaya Tri Wahyudi menyampaikan ketersediaan pupuk harus diantisipasi terkait masalah Produksi dan bahan baku yang dibutuhkan Oleh PT Pusri,ia melanjutkan bahwa kondisi kedangkalan sungai musi serta kebutuhan gas menjadi kendala tersendiri dalam distribusi bahan baku sehingga menjadi kendala dalam produksi pupuk

“Kita sekarang dapat penugasan peningkatan produksi pupuk subsidi yang tadinya 4,7juta ton sekarang menjadi 9,5 juta ton, sehingga kami minta support nya kepada Pemprov Sumsel agar kebutuhan ini dapat tercapai, karna ini menyangkut masalah distribusi bahan baku gas dll “paparnya

Ia melanjutkan bahwa sampai saat ini ketersediaan pupuk di indonesia masih sangat cukup sehingga kebutuhan petani dapat terpenuhi dengan baik.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian, tanaman pangan dan Holtikultura Sumsel Dr.Ir.H. R.Bambang Promono M,Si, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel Agus Darwa dan Para jajaran direksi PT Sriwijaya. (hms)