2 Mei 2024

Rodial Huda Ingatkan Perlu Antisiasi Kekurangan Air Saat Natuna Gelar MTQ

KR Natuna- Permasalahan air bersih di Kabupaten Natuna harus menjadi perhatian bersama, terutama saat Natuna  melaksanakan event Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kabupaten yang ke XI.

Rapat antisipasi dampak kemarau di natuna

“Mulai minggu depan akan ada sekitar 1000 orang yang masuk ke Natuna untuk kegiatan MTQ ini, untuk itu kita harus benar-benar memikirkan cara agar ketersediaan air bersih untuk para kafilah bisa terpenuhi,” ujar WabupNatuna Rodial Huda saat memimin rapat koordinasi penanganan bencana kekeringan yang melanda wilayah Natuna beberapa bulan terakhir.

Terpisah Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Natuna, Feriomex Hutagalung mejelaskan berdasarkan prediksi BMKG keadaan kekeringan ini akan terus berlanjut hingga bebrapa waktu kedepan.

“Kami memprediksi cuaca panas ini akan terus berlanjut bahkan dalam 6 minggu ke depan tidak akan turun hujan,” sebutnya.

Lokasi Utama MTQ XI Natuna di Masjid Agung NGU

Dalam Rapat  yang juga dihadiri Sekda Natuna, Boy Wijanarko dan  FKPD, Kepala OPD, Dirut Perumda Tirta Nusa, Kepala BMKG dan para instansi terkait di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Kamis (18/04/2024) terungkap  berbagai pendapat guna menentukan langkah apa yang akan diambil untuk mengatasi masalah kekeringan ini.

“Hari ini kita rapat untuk dengar pendapat dulu, nanti kita akan rapat lagi bersama instansi terkait guna menetapkan langkah apa yang akan kita ambil,” terang Wabup Rodhial.

Pada perhelatan MTQ ini ada 7 titik lokasi yang harus diprioritaskan ketersediaan air bersihnya.

“Tujuh lokasi ini meliputi Masjid Agung Natuna, Masjid Ibnu Salim Ranai Darat, Masjid Maulana Bandarsyah, Museum Natuna, Asrama Haji Natuna, SMAN 1 Bunguran Timur dan MAN 1 Natuna,” terang Wabup.

Untuk itu Rodial Huda  menghimbau masyarakat agar bijak dan berhemat dalam menggunakan air untuk sehari-hari.

“Kalau mendengar pemaparan dari BMKG untuk kurun waktu satu atau dua Minggu ke depan wilayah kita belum akan turun hujan, mari kita upayakan solusinya serta tak lupa juga dengan doa bersama,” terang Roadial Huda.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Nusa, Zaharuddin pada kesematan ini  menyatakan bahwa jajaran Perumda Tirtanusa  Natuna  akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk para kafilah MTQ tingkat Kabupaten ke XI ini.

Zaharuddin meje;askan bahwa pihaknya membutuhkan dukungan tambahan  mobil tangki.

“ Saat ini jajaran erumda Tirtanusa natuna ha ay memiliki 2 u it mobil tangki, tentu ini tidak akan cukup jika harus memenuhi semua kebutuhan, baik kebutuhan masyarakat yang bermukim di kecamatan Bunguran Timur dan sekitarnya, apalagi untuk kebuthan air selama  acara MTQ berlangsung, maka Kami berharap adanya dukungan mobil tanki air dari mana saja ynag ada agar kebutuhan para kafilah MTQ bisa terpenuhi begitu juga kebutuhan air bagi masyarakat yang terdampak,” jelas Zaharuddin.

Kepada media ini Zaharudin menhjelaskan bahwa aling tidak idealnya jajarannya butuh tambahan minimal 1 atau 2 unit mobil tanki ynag bisa digunakan untuk mengantisipasi kemarau kalai ini. (red))