20 Mei 2024

Pastikan Sembako Cukup Jelang Lebaran, Pj. Bupati Muara Enim Sidak Pasar Inpres

MUARA ENIM | Koranrakyat.co.id – Menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) harga dan ketersediaan sembako guna mengantisipasi lonjakan harga serta kelangkaan kebutuhan pokok di Pasar Inpres Muara Enim, Kamis (4/4/2024).

Didampingi Kepala OPD terkait, Pj. Bupati memastikan komoditas yang paling banyak dibeli masyarakat jelang Lebaran seperti beras, gula dan minyak terpantau tidak mengalami lonjakan harga serta ketersediaan mencukupi.

Pj. Bupati menyebut harga kebutuhan pokok seperti beras terpantau stabil dikarenakan gencarnya pemerintah melaksanakan operasi pasar murah dan gerakan pangan murah yang terbukti berhasil menekan inflasi dalam menjaga stabilitas harga serta membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah dan terjangkau.

Sementara untuk komoditas seperti telur, daging ayam, cabe dan bawang mengalami lonjakan harga namun tidak mencapai 10 persen dari harga normal sehingga masih terjangkau pembeli.

Lebih lanjut Pj. Bupati menegaskan akan rutin melaksanakan sidak serta kegiatan pasar murah di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim agar stabilitas harga terjaga sampai akhir tahun nanti.

Kemudian dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar bijak dalam membeli sembako atau sesuai dengan kebutuhan serta mengingatkan pedagang untuk tidak menimbun barang supaya tidak terjadi kelangkaan yang dapat mengganggu pasokan dan stabilitas harga. (T.Tamba)