20 Mei 2024

Mawardi Yahya – Harnojoyo Sepakat Berpasangan sebagai Cagub – Wagub Sumsel

PALEMBANG|KoranRakyat co.id – Tanpa menunggu waktu lama, karena Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) hanya tinggal sembilan bulan lagi. Ir H Mawardi Yahya bersama H Harnojoyo, S.Sos, bersepakat berpasangan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) Sumsel periode 2025 – 2030.

Keduanya didampingi Ir H Syahrial Oesman, MM yang dipercaya sebagai Ketua Tim Kemenangan, melakukan jumpa pers di Palembang, Minggu sore 10 Maret 2024. Hadir juga sejumlah tokoh dan pengurus partai serta ulama Sumsel.

Kesepakatan tersebut dituangkan secara tertulis, ditandatangani Mawardi Yahya dan Harnojoyo, serta diketahui oleh Syahrial Oesman sebagai Ketua Tim Kemenangan.

Dengan dideklarasikannya pasangan Mawardi Yahya – Harnojoyo yang disingkat MAHAR kepada publik, maka pernyataan bahwa Herman Deru – Mawardi Yahya (HDMY) kembali akan berpasangan pada Pilkada Sumsel tahun 2024, tidak terbukti.

Sebagaimana diketahui, Mawardi Yahya sebelumnya adalah Wakil Gubernur Sumsel periode 2018 – 2023, sedangkan Harnojoyo, Walikota Palembang dua periode tahun 2013 – 2023.

Menurut Mawardi, mereka mendeklarasikan diri, karena tugas dalam Pemilu 2024 sudah selesai. Dan kini sudah saatnya memikirkan untuk Sumatera Selatan. Terhadap dipilihnya Harnojoyo, menurut Mawardi, karena Harno berhasil selama menjadi Walikota Palembang dua periode. “Kami juga sudah saling menilai, dan setelah dilakukan komunikasi ternyata cocok dan kemudian bersepakat untuk bersama-sama membangun Sumsel ke depan,” ujar Mawardi.

Mawardi juga mempersilahkan masyarakat untuk menilai mereka. Hal senada juga diungkapkan oleh Harnojoyo.

Dari informasi yang dihimpun media ini, majunya Mawardi Yahya menjadi calon gubernur, juga berkat saran, masukan, dan dorongan dari banyak pihak. Hal tersebut dikarenakan pengalaman Mawardi di dunia pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, sudah banyak. Mawardi pernah menjadi Ketua DPRD dua periode, bupati dua periode, dan sebagai wakil gubernur.

Ditambah lagi sebagai Pembina Partai Gerindra, dan sebagai ketua Tim Kemenangan Daerah (TKD) Prabowo Gibran, Mawardi telah mengantarkan pasangan Prabowo Gibran menang besar di Sumsel, mencapai 69,8 persen. Begitu juga Partai Gerindra Sumsel masuk dua besar di DPRD Sumsel.

Diperkirakan, pasangan Mawardi Yahya – Harnojoyo yang akan menjadi cagub-cawagub kuat untuk memenangkan kontestasi Pilkada Sumsel 27 November 2024 mendatang.

Sejumlah kabupaten/kota yang diprediksi akan menjadi basis pasangan ini yakni Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Pagaralam, Kabupaten Ogan Ilir, OKI, Lahat, Empat Lawang, OKU, Muaraenim, dan Banyuasin.

Belum diketahui persis, siapa akan menjadi pesaing mereka, karena belum ada deklarasi dari pihak lainnya. Tapi dari pergerakan di lapangan diperkirakan H Herman Deru, SH, MM, mantan Bupati OKU Timur dua periode dan Gubernur Sumsel periode 2018 – 2023, kembali akan mencalonkan diri. Begitu juga Dr Ir H Heri Amalindo, MM, Bupati PALI dua periode, juga sudah cukup gencar melakukan sosialisasi. (ica)