20 Mei 2024

Sorotan Media Asing :  Indonesia Capai Kesepakatan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Jakarta,KoranRakyat.co.id –Diam-diam, bangsa Indonesia bisa disebut kecolongan dengan beberapa komunikasi  dan perundingan antara Israel dan Indonesia berkaitan normalisasi diplomatik kedua negara. Sebab, selama ini, di atas permukaan kedua negara tidak hubungan diplomatik.

Namun seperti dilansir dari Viva.co.id, justru media pemberitaan Israel, Jewish Insider, mempublikasikan pemberitaan pada Rabu, 6 Maret 2024, yang mengatakan bahwa beberapa pejabat Indonesia telah secara diam-diam bertemu dengan pejabat Israel.

“Selama beberapa bulan, Yerusalem dan Jakarta telah berupaya mencapai kesepakatan normalisasi, termasuk pertemuan di negara ketiga, yang berpuncak dengan kunjungan Andi Widjajanto, penasihat presiden Indonesia ke Yerusalem,” tulis media tersebut.

  Andi Widjajanto Photo : VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Menurut media Israel, kedua belah pihak menyusun nota kesepahaman pada 21 September tahun lalu, untuk membuka kantor perdagangan dan memungkinkan lebih banyak warga Israel mendapatkan visa untuk mengunjungi negara Asia Tenggara untuk urusan bisnis.

Mereka juga mengklaim bahwa jalur komunikasi belakang antara Widjajanto dan Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri saat itu, Ronen Levy, memainkan peran penting dalam hubungan kedua negara, melalui pengusaha Joey Allaham yang berbasis di New York.

Namun, lebih dari dua minggu setelah kedua belah pihak menyetujui teks MoU, normalisasi Israel-Indonesia dibatalkan akibat perang.

Kemudian, kesempatan MOU itu dimanfaatkan sebagai jalur belakang untuk tujuan baru yakni menyelamatkan warga Indonesia yang terjebak di Gaza.

“Kontak mediasi yang terus berlanjut antara Jakarta dan Yerusalem telah membuka pintu bagi pembentukan hubungan diplomatik sehubungan dengan upaya Indonesia untuk bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD),” tulis media tersebut.(*/Sar)